7 Cara Mengolah Kunyit Untuk Mengobati Nyeri Sendi

Selamat datang dan selamat berkunjung kembali di situs web yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar nyeri sendi dan pengobatannya. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai 7 cara mengolah kunyit untuk mengobati nyeri sendi. Nyeri sendi merupakan salah satu penyakit yang sering dikeluhkan oleh masyarakat di Indonesia. Kondisi dapat menyerang siapa saja dengan usia berapapun. Salah satu penyebab nyeri sendi yaitu akibat adanya cedera pada salah satu bagian sendi. Namun tahukah kamu bahwa kunyit merupakan salah satu bahan alami yang dapat mengobati nyeri sendi. Berikut kami sajikan informasi lengkapnya untuk Anda.

7 Cara Mengolah Kunyit Untuk Mengobati Nyeri Sendi

kunyit merupakan salah satu tanaman tradisional yang sudah terkenal sejak zaman dahulu mampu mengobati berbagai jenis penyakit luar maupun dalam. Hal ini dikarenakan kunyit memiliki sifat antioksidan dan antiradang yang sangat berkhasiat dalam mengobati nyeri sendi atau arthritis. Berikut adalah beberapa cara mengolah kunyit untuk mengobati nyeri sendi.

  • Kunyit dan Jeruk Nipis


Jeruk nipis memiliki kandungan berupa asam sitrat yang mana kandungan tersebut berfungsi sebagai pereda rasa nyeri dan peradangan. Cara Pengolahannya : Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok makan jeruk nipis dengan 2 sendok kunyit kemudian masukan ke dalam sedikit air yang sedang Anda didihkan. Aduk hingga berubah menjadi pasta kental setelah itu Anda dapat mengoleskannya langsung pada bagian sendi yang terasa nyeri. Setalah 15 menit baru Anda bersihkan dengan air bersih.

  • Kunyit dan Jahe


Kandungan shagoal dan gingerol dalam jahe mampu mengurangi peradangan yang terjadi pada sendi sekaligus akan meningkatkan efek kurkumin dalam tubuh penderita nyeri sendi saat dikombinasikan bersamaan dengan kunyit.

Cara pengolahannya: pertaman Anda siapkan 1 inchi jahe dan 1 rimpang kunyit yang telah dikupas terlebih dahulu kemudian potong menjadi beberapa bagian. Rebus 2 cangkir air kemudian masukan kunyit dan jahe tersebut ke dalam air rebusan, didihkan selama 10 menit. Setelah diangkat, tutup dan diamkan selama 10 menit, setelah itu Anda dapat menyaring ramuan tersebut dan tambahkan madu ke dalamnya. Anda dapat mengkonsumsi ramuan tersebut selagi masih hangat.

  • Air Kunyit


Anda juga bisa mencampurkan kunyit dengan air saja. Caranya : Siapkan 1 liter air kemudian rebus dan tambahkan satu sendok makan bubuk kunyit ke dalam air rebusan tersebut. Aduk hingga rata sembari mengecilkan apinya hingga 10 menit. Setelah itu angkat dari kompor dan diamkan sampai air rebusan tersebut dingin atau suam-suam kuku. Anda dapat meminum air rebusan ini selagi masih hangat rutin setiap hari.

  • Kunyit dan Minyak kelapa


Perlu Anda ketahui jika lemak dari minyak kelapa jika dikombinasikan dengan kunyit merupakan perpaduan yang sempurna dalam meredakan nyeri sendi.

Cara pengolahannya: Anda dapat mencampurkan minyak kelapa dengan 1 sendok bubuk kunyit, aduk hingga menyerupai pasta. Anda bisa langsung mengoleskan campuran tersebut ke sendi yang nyeri lalu balutlah dengan kain perban dan diamkan selama 3 jam. Setelah 3 jam Anda bisa membersihkannya dengan air bersih.

  • Kunyit dengan Fenugreek


Fenugreek merupakan salah satu bahan makanan yang sering digunakan sebagai penambahan rasa manis saat mengolah makanan, fenugreek sendiri sangat kaya akan kandungan alkaloid, flavonoid, zat besi, vitamin, saponin, serta trigonelline.

Cara pengolahannya: Campurkan bubuk kunyit serta bubuk fenugreek dengan perbandingan 1:1. Larutkan campuran tersebut ke dalam segelas air panas untuk dijadikan teh yang nantinya bisa Anda konsumsi 2 kali sehari sampai rasa nyeri sendi hilang.

  • Kunyit dengan Lada Hitam


Lada hitam mengandung kandungan peperine yang mampu meningkatkan kecepatan penyerapan kurkumin dari kunyit ke dalam tubuh penderita.

Caranya yaitu buatlah larutan pasta dari 2 sendok teh bubuk kunyit, 1/3 cangkir madu asli kemudian simpanlah dalam toples tertutup selama 2 minggu. 1 sendok teh pasta tersebut bisa Anda masukan ke dalam secangkir air panas kemudian aduk-aduk dan tambahkan juga 1/2 sendok teh lada hitam bersamaan dengan perasan lemon. Anda dapat mengkonsumsi ramuan tersebut selagi masih hangat.

  • Kunyit Tanpa Campuran


Selain dengan mengkombinasikan kunyit denagn berbagai bahan alami diatas, Anda juga dapat menggunkan bubuk kunyit dengan menaburkan 1/4 sendok teh bumbu rempah ini ke dalam setiap masakan Anda. Selain ke dalam masakan, Anda juga dapat mencampurkan bubuk kunyit ini ke dalam susu hangat yang bisa Anda konsumsi hingga rasa nyeri benar-benar hilang.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai 7 cara mengolah kunyit untuk mengobati nyeri sendi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih :)

7 Cara Mengolah Kunyit Untuk Mengobati Nyeri Sendi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment