Penyebab Nyeri Sendi Yang Sering Dikeluhkan

Nyeri sendi merupakan salah satu penyakit yang sering dikeluhkan oleh sebagian orang. Nyeri sendi adalah salah satu penyakit yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika kondisi ini tidak segera mendapat penanganan yang benar, bisa berujung pada kelumpuhan permanen.

Adapun berikut beberapa faktor yang dapat memicu seseorang terkena nyeri sendi, diantaranya:

  • Memiliki berat badan berlebih atau obesitas
  • Kurang melakukan aktifitas fisik
  • Merokok
  • Sering mengkonsumsi makanan yang kurang sehat
  • Lansia
  • Selalu melakukan gerakan berulang pada satu sendi

6 Faktor Penyebab Nyeri Sendi



Nyeri sendi merupakan suatu masalah yang sangat umum dengan beberapa penyebab. Berikut adalah beberapa penyebab umum nyeri sendi:

  • Radang Sendi


Ada beberapa jenis kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya radang sendi yaitu:
Sinovitis traumatis : kondisi ini terjadi ketika lapisan pada jaringan sendi mengalami peradangan.
Bursitis : kondisi ini terjadi ketika bantalan-bantalan di sekitar sendi meradang.
Kondisi tersebut biasanya terjadi karena adanya cedera pada sendi. Hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah cedera sendi  yaitu dengan selalu menggunakan pakaian pelindung dan sepatu yang sesuai saat berolahraga ataupun saat melakukan kegiatan fisik lainnya.

  • Arthritis


Penyebab paling umum nyeri sendi yaitu karena arthritis. Arthritis menyebabkan kerusakan pada tulang rawan sendi, kondisi inilah yang menyebabkan terjadinya peradangan, pembengkakan, kekakuan sekaligus ketidakmampuan seseorang untuk bergerak. Hal ini biasanya mempengaruhi pinggul,lutut, tangan dan pergelangan tangan.

  • Keseleo


Nyeri sendi dapat juga disebabkan karena keseleo. Terkadang keseleo bisa menimbulkan ligamen Anda menjadi robek. Ligamen adalah jaringan yang menghubungkan tulang di sendi. Keseleo biasanya terjadi ketika Anda terjatuh atau terluka. Adapun pengobatan awal yang dapat Anda lakukan saat keseleo yaitu dengan mengistirahatkan bagian yang terluka menggunakan terapi es dan perban untuk mengkompres, hal ini dapat menstabilkan kembali sendi Anda.

  • Lupus


Penyakit lupus ini biasanya sering menyerang sendi, kulit, pembuluh darah hingga organ lain di dalam tubuh. Selain nyeri sendi, pasien penderita lupus juga sering mengeluhkan gejala seperti demam, mudah lelah, nyeri pada dada, bengkak dan seneitif terhadap cahaya.

  • Infeksi Virus


Nyeri sendi dapat juga disebabkan oleh infeksi virus, nisalnya karena demam berdarah,rubella atau chikungunya. Nyeri sendi umumnya dapat terjadi secara tiba-tiba dan menyerang seluruh sendi pada bagian tubuh yang akan mengakibatkan munculnya rasa pegal-pegal.

  • Cedera


Nyeri sendi juga dapat disebabkan karena cedera akibat terjadinya kerusakan dan peradangan pada sendi. Namun jika cedera yang dialami tidak terlalu berat, maka setelah mendapatkan penanganan yang tepat, gangguan pada sendi akan segera teratasi dan fungsi sendi pun akan segera kembali seperti semula. 

Penyebab Nyeri Sendi Yang Sering Dikeluhkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment