Olahraga Yang Aman Bagi Penderita Nyeri Sendi Lutut

Selamat datang dan selamat berkunjung kembali di situs web yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar nyeri sendi dan pengobatannya. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai olahraga yang aman bagi penderita nyeri sendi lutut. Nyeri sendi lutut merupakan salah satu jenis nyeri sendi yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Pasalnya terdapat beberapa hal yang dapat mempengaruhi timbulnya keluhan ini, seperti cedera pada lutut, berat badan yang berlebih, hingga proses penuaan. Berikut kami sajikan informasi mengenai olharaga yang aman bagi penderita nyeri sendi lutut.

Apa Saja Olahraga Yang Dianjurkan Untuk Penderita Nyeri Sendi Lutut?



Berolahraga secara teratur ternyata dapat mengurangi nyeri sendi lutut. Manfaat olaharaga dalam mengurangi nyeri sendi lutut yaitu mampu membantu meredakan rasa nyeri, bengkak, kaku serta dapat memperkuat otot-otot pendukung sendi. Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua jenis olahraga dapat dilakukan oleh penderita nyeri sendi lutut. Berikut adalah beberapa olahraga yang aman bagi penderita nyeri sendi lutut, diantaranya:

  • Jogging


Anda dapat berlari-lari kecil atau jogging. Namun Anda juga harus memperhatikan dahulu kondisi lutut Anda sebelum melakukan olaharaga jogging ini. Jika kondisi lutut Anda tidak parah, Anda dapat melakukan olahraga ini. Namun jika Anda memiliki riwayat cedera lutut, sebaiknya hindari jogging karena bisa meningkatkan resiko arthritis lutut dalam jangka panjang.

  • Bersepeda


Bersepeda merupakan salah satu olahraga low impact untuk lutut. Low impact sendiri merupakan bentuk aktivitas fisik yang tidak memberikan tekanan berat pada bagaian tubuh. Olahraga jenis ini sangat cocok bagi Anda yang sedang menderita nyeri sendi lutut karena tidak akan meningkatkan kadar stress pada lutut.

  • Berjalan kaki


Olahraga yang satu ini sangat cocok dilakukan oleh Anda yang sedang mengalami nyeri sendi lutut. Karena berjalan kaki tidak akan memberikan tekanan berlebihan pada lutut seperti misalnya ketika berlari. Selain dapat meredakan nyeri sendi lutut, berjalan kaki juga bisa memperkuat otot kaki.

  • Berenang


Berenang akan membuat lutut yang mengalami nyeri dapat melepaskan stres karena terbebas dari tugasnya dalam menopang berat badan dan dalam waktu yang sama juga akan menyebabkan seluruh tubuh ikut bergerak. Namun saat Anda melakukan olahraga renang pastikan untuk menghindari gerakan yang terlalu fokus pada gerak lutut seperti halnya gaya dada.

Apa Saja Gerakan Yang Harus Dihindari penderita nyeri sendi lutut?

Dalam melakukan olahraga, penderita nyeri sendi lutut sangat disarankan untuk menghindari beberapa gerakan, misalnya menekuk lutut dan melompat. Melompat akan menyebabkan lutut menjadi harus menopang 2-3 kali lipat berat badan Anda. Akibatnya, beban pada lutut pun bertambah dan beresiko meningkatkan kemungkinan cedera.

Menekuk lutut juga dapat menyebabkan kondisi lutut menjadi semakin parah. Karena dengan menekuk lutut maka sama saja dengan Anda memberikan tekanan yang tidak semestinya ada tulang-tulang pembentuk sendi lutut. Sehingga pada saat itu tulang-tulang dan sendi akan saling bergesekan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai olahraga yang aman bagi penderita nyeri sendi lutut. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih :)

Olahraga Yang Aman Bagi Penderita Nyeri Sendi Lutut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment