Penyebab Nyeri Sendi Jari Tangan Yang Harus Anda Ketahui

Selamat datang dan selamat berkunjung kembali di situs web yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar nyeri sendi. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi menarik mengenai penyebab nyeri sendi pada jari tangan. Apakah Anda pernah mengalami suatu kondisi dimana ketika bangun pagi-pagi kemudian area persendiaan jari Anda terasa nyeri? Jika iya, maka hal tersebut bisa saja menandakan bahwa Anda sedang mengalami nyeri sendi pada jari tangan. Pada umumnya nyeri sendi jari jari tangan muncul akibat penyakit rheumatoid arthritis.


Dan berikut adalah beberapa gejala yang menandakan Anda menderita nyeri sendi jari tangan, diantaranya:
  • Jari jari tangan terasa kaku
  • Sendi-sendi tangan mengalami pembengkakan
  • Jari jari tangan menjadi sulit dilipat seperti biasanya
Jari tangan yang kaku biasanya disebabkan oleh pergerakan jari tangan atau jempol yang di paksakan bergerak secara berulang. Namun ada juga penyebab lain yang dapat menjadi penyebab jari tangan kaku misalnya penyakit pirai, diabetes, dan rheumatoid arthritis.

Penyebab Nyeri Sendi Jari Tangan

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab nyeri sendi jari tangan, diataranya:
  • Orteoarthritis

Pada umumnya penyebab utama dari nyeri sendi jari tangan yaitu karena orteoarthritis di bagian tangan. Kondisi ini biasanya akan menyebabkan rasa nyeri pada 3 bagian tangan seperti bagian tengah sendi jari, bagian sendi yang paling dekat dengan ujung jari dan bagian pangkal ibu jari. Dan biasanya seseorang yang menderita orteoarthritis di bagian tangan akan mengalami beberapa gejala seperti jari tangan membengkak, kaku, nyeri atau bahkan bisa juga muncul benjolan pada bagian sendi yang terasa sakit.

  • Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis merupakan salah satu jenis radang sendi yang disebabkan oleh gangguan sistem imun yang menyerang jaringan tubuh. Gangguan kronis yang terjadi pada rheumatoid arthritis ini dapat menyerang bagian kecil sendi kaki dan tangan. Tepatnya, pada selaput yang membungkus cairan sendi atau membran sinovial Anda. Kondisi inilah yang nantinya akan menimbulkan pembengkakan yang cukup menyakitkan dan juga dapat menimbulkan kelainan bentuk (deformitas) sendi dan erosi tulang.

  • Pirai

Penyakit pirai pastinya akan sangat terdengar asing di telinga Anda. Lalu apakah itu penyakit pirai? Pirai merupakan salah satu jenis penyakit radang sendi yang gejalanya ditandai dengan rasa kaku, perih dan juga bengkak pada area persendiaan. Jika penyakit ini dibiarkan begitu saja tanpa melakukan penanganan yang tepat, maka akan menyebabkan timbulnya kerusakan pada sendi, tendon dan juga bagian jaringan sendi lainnya.

Adapun penyebab utama dari penyakit pirai ini yaitu karena terlalu banyaknya kadar asam urat di dalam darah seseorang. Karena pasalnya, jika seseorang memiliki kadar asam urat yang tinggi di dalam darahnya. Maka asam urat tersebut akan mengkristal di area persendiaan hingga akhirnya muncul peradangan pada sendi.

Itulah beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya kondisi nyeri sendi jari tangan. Namun selain ke tiga faktor diatas, nyeri sendi pada jari tangan juga bisa disebabkan karena penyakit diabetes. Meskipun demikian, namun sampai saat ini belum ada penjelasan yang pasti mengenai kenapa penyakit diabetes bisa menyebabkan nyeri sendi jari tangan.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang sering mengalami kondisi nyeri sendi jari tangan kami sangat menyarankan untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter agar dapat segera mendapat penanganan yang benar. Karena jika nyeri sendi jari tangan dibiarkan begitu saja, akan menyebabkan kerusakan pada area persendiaan.

Demikianlah informasi mengenai "Penyebab Nyeri Sendi Jari Tangan" yang dapat kami sampaikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih :)

Penyebab Nyeri Sendi Jari Tangan Yang Harus Anda Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment