Apa Saja Aktivitas Fisik Yang Dapat Menyebabkan Nyeri Sendi?

Selamat datang dan selamat berkunjung kembali di situs web yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar nyeri sendi. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai aktivitas yang dapat menyebabkan nyeri sendi. Pada dasarnya banyak sekali aktivitas sehari-hari yang tanpa kita sadarai dapat mengakibatkan terjadinya  nyeri sendi. Lalu aktivitas apa saja yang dapat menyebabkan nyeri sendi? Berikut kami sajikan informasi lengkapnya untuk Anda.


Apa Penyebab Nyeri Sendi?

Nyeri sendi dapat disebabkan karena adanya cedera yang dapat mempengaruhi jaringan ligamen dan tendon di sekitar sendi. Umumnya nyeri sendi akan menyebabkan rasa sakit pada bagian tubuh yang mengalami cedera, tingkat keparahannya pun akan berbeda-beda mulai dari yang ringan, menengah hinga menuju ke tingkat parah.

Banyak sekali faktor yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami nyeri sendi, mula dari aupan nutrisi yang kurang seimbang, pertambahan usia, berat badan yang berlebih, pengaruh stress, hingga berbagai aktivitas fisik yang dilakukan sehari-hari pun dapat menyebabkan timbulnya nyeri sendi.

Berikut adalah beberapa aktivitas fisik yang dapat menyebabkan seseorang mengalami nyeri sendi, diantaranya:

  • Mengangkat Beban Berat


Perlu Anda ketahui jika mengangkat beban terlalu berat dapat menimbulkan terjadinya nyeri sendi pada bagian punggung. Selain itu, mengangkat dan memindahkan barang dengan posisi tubuh yang salah pun dapat memicu nyeri sendi pada punggung.

  • Olahraga Yang Berlebih


Olahraga memang memiliki peran yang sangat penting dalam membangung kekuatan otot. Namun jika dilakukan secara berlebihan olahraga dapat menyebabkan nyeri sendi. Ada beberapa olahraga yang diduga dapat memicu terjadinya nyeri sendi, seperti basket dan lari. Kedua olahraga tersebut dapat memicu risiko Anda mengalami nyeri sendi pada lutut dan pergelangan kaki yang cenderung membesar.

  • Berdiri Terlalu Lama


Berdiri terlalu lama juga dapat menyebabkan munculnya nyeri sendi. Karena umumnya tumpuan tubuh akan diberikan dalam jangka waktu yang panjang dan mempengaruhi ruang-ruang antar sendi, terutama pada sendi lutut, kaki dan panggul.

  • Cedera


Keseleo yang disebabkan karena cedera dalam berolahraga juga dapat menyebabkan nyeri sendi pada bagain tubuh yang mengalami cedera. Pasalanya cedera ini banyak dialami oleh mereka yang sering melakukan olahraga dayung, bulu tangkis, dan golf. Kegiatan angkat beban dan beragam jenis latihan olahraga lainnya juga dapat menyebabkan terjadinya cedera dan nyeri sendi.

  • Melompat


Beragam aktivitas kadang mengharuskan kita untuk melompat agar mencapai satu tujuan lokasi. Ternyata hal ini juga dapat menyebabkan nyeri dan cedera pada sendi jika tidak dilakukan dengan berhai-hati.

Cara Mengatasi Nyeri Sendi di Rumah

Berikut adalag beberapa penanganan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyeri sendi di rumah, seperti:

  • Rest (Istirahat)


Anda diharuskan untuk beristirahat dan menjaga sendi yang mengalami sakit, dengan beristirahat maka akan mengurangi nyeri yang ditimbulkan dan sendi pun akan segera pulih kembali.

  • Ice


Anda dapat mengompres bagian sendi yang mengalami nyeri dengan menggunkan kompres es batu, hal ini bertujuan untuk membantu mengalihkan rasa nyeri dan mengurangi pembengkakan bila terdapat cedera di jaringan sendi.

  • Compression


Anda juga dapat melakukan penekanan pada sendi dengan menggunakan perban elastis, ini bertujuan untuk membantu mengurangi bengkak dan menjaga posisi sendi. Namun Anda jangan melilitkan perban terlalu ketat, agar peredaran darah tetap terjaga.

  • Elevation


Anda dapat menempatkan bagian tubuh yang mengalami nyeri sendi, lebih tinggi dari pada tubuh, misalnya dengan menganjalkan bantal pada kaki atau lutut yang mengalami nyeri sendi.

Selain itu, Anda juga dapat mandi dengan air hangat, terutama pada pagi hari agar tubuh menjadi lebih rileks danrasa nyeri yang muncul pun dapat berkurang.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai aktivitas yang dapat menyebabkan nyeri sendi beserta cara mengatasinya. Semoga informasi yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih :)

Apa Saja Aktivitas Fisik Yang Dapat Menyebabkan Nyeri Sendi? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment