Penyebab Wanita Hamil Mengalami Nyeri Sendi Beserta Tips Untuk Mengatasinya

Selamat datang dan selamat berkunjung di situs web yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar nyeri sendi. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai penyebab nyeri sendi pada ibu hamil beserta tips untuk mengatasinya. Masa kehamilan merupakan masa paling indah bagi setiap wanita, namun masa kehamilan juga dapat membuat wanita merasakan ketidaknyamanan akibat terjadinya perubahan fisik yang cukup signifikan pada masa kehamilan.



Nyeri sendi adalah masalah utama yang biasanya sering dirasakan oleh wanita hamil, biasanya wanita hamil sering mengeluhkan nyeri sendi pada bagian punggung, lutut dan lengan. Banyak sekali faktor yang menyebabkan wanita hamil sering mengalami nyeri sendi. Dan berikut kami sajikan informasi mengenai penyebab nyeri sendi pada ibu hamil beserta tips untuk mengatsinya.

Penyebab Nyeri Sendi Pada Ibu Hamil

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab wanita hamil mengalami nyeri sendi.

  • Perubahan Hormon


Pada masa kehamilan, hormon yang dilepaskan oleh tubuh akan berperan membuat otot ligamen dan tendon menjadi lebih rileks. Namun, seiring dengan bertambahnya usia kandungan maka beban pada panggul akan mengalami peningkatan dan akhirnya akan menimbulkan nyeri sendi di lutut.

  • Peningkatan Berat Badan


Pada masa kehamilan, seorang wanita umumnya akan mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan. Hal tersebutlah yang menyebabkan wanita hamil sering mengalami nyeri sendi.

  • Posisi Tidur


Nyeri sendi pada ibu hamil juga dapat disebabkan karena posisi tidur. Ketika hamil, posisi tidur Anda tidak harus selalu di sisi kiri. Karena jka Anda tidur sepanjang malam di posisi tersebut, maka saat bangun Anda akan merasakan rasa sakit dan mati rasa disekitar pinggul.

  • Peningkatan Cairan


Pada umunya wanita hamil akan mengalami peningkatan cairan yang sering kali menyebabkan wanita hamil mengalami nyeri sendi. Dan umumnya nyeri sendi yang dirasakan terjadi di area pergelangan tangan.

Tips Mengatasi Nyeri Sendi Pada Ibu Hamil


Setelah mengetahui penyebab nyeri sendi pada ibu hamil, berikut kami juga menyajikan beberapa tips sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyeri sendi yang dialami pada masa kehamilan.

  • Lakukan senam hamil
  • Kompres bagian sendi yang bengkak menggunakan es batu
  • Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki di pagi hari
  • Hindari posisi tidur terlentang
  • Tidur dengan posisi miring kemudian tambahkan bantal diantara kaki
  • Mandi dengan air hangat
  • Tekuk lutut dan usahakan untuk menjaga punggung tetap lurus saat sedang mengangkat ataupun mengambil sesuatu dari lantai

Demikianlah informasi mengenai beberapa penyebab dan tips mengatasi nyeri sendi pada hamil yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih :)

Penyebab Wanita Hamil Mengalami Nyeri Sendi Beserta Tips Untuk Mengatasinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment