Tips Mengobati Nyeri Sendi Lutut Tanpa Obat-obatan Kimia

Nyeri sendi lutut merupakan salah satu kondisi yang disebabkan oleh keausan sendi lutut akibat penuaan atau faktor lainnya. Nyeri lutut merupakan suatu kondisi yang dapat terjadi karena kondisi medis seperti arthritis. Sehingga akan menyebabkan penderitanya mengalami rasa tidak nyaman dan tentunya akan kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.


Pada umumnya, kebanyakan orang sering menggunakan obat-obat kimia untuk mengobati nyeri sendi lutut. Namun perlu Anda ketahui jika ada beberapa pengobatan rumahan yang terntunya akan efektif dalam mengatasi nyeri sendi lutut. Apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati nyeri sendi lutut? Berikut informasi lengkapnya untuk Anda.

Tips Mengobati Nyeri Sendi Lutut Tanpa Obat-obatan Kimia

Berikut adalah beberapa tips mengobati nyeri sendi lutut tanpa obat-obatan kimia. Diantaranya:

Jahe

Bahan alami pertama yang Anda gunakan untuk mengobati nyeri sendi lutut yaitu dengan jahe. Jahe memiliki sifat analgesik dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi nyeri sendi. Cara pengguaannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu mengoleskan sedikit minyak jahe pada lutut dan memijat area yang terasa nyeri.

Kunyit

Selain jahe, Anda juga bisa memanfaatkan kunyit untuk mengobatinya. Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang akan memberikan pereda pada nyeri lutut dan peradangan. Kunyit merupakan salah satu obat herbal alami yang mampu dalam mengobati nyeri sendi lutut.

Minyak Kayu Putih

Bahan alami lainnya yang bisa Anda gunakan yaitu minyak kayu putih. Minyak kayu putih sendiri merupakan analgesik kuat (obat penghilang rasa sakit) yang memiliki efek relaksasi pada otot. Minyak kayu putih juga akan meningkatkan aliran darah ke daerah lutut, sehingga akan sangat efektif dalam mengurangi peradangan dan nyeri. Oleskan minyak kayu putih ini secara langsung pada area lutut yang mengalami nyeri sembari dipijat pelan.

Kompres Es

Anda juga dapat menggunakan kompresan es dingin untuk meminimalkan rasa sakit dan pembengkakan. Gunakan kompres es ini selama 10-20 menit dan tiga kali atau lebih dalam sehari.

Daun Dandelion

Daun ini sangat kaya akan kandungan vitamin A dan C yang dapat membantu memperbaiki jaringan yang rusak. Ia memiliki sifat anti inflamasi dan menghilangkan rasa sakit karena linoleat dan asam linoleat di dalamnya. Untuk menggunakan daun ini, Anda bisa membuatnya menjadi teh atau memakainya seperti salad.

Magnesium Sulfat

Perlu Anda ketahui bahwa garam epsom ternyata memiliki tingkat magnesium yang cukup tinggi sehingga dapat mengurangi nyeri sendi. Untuk mengatasinya Anda dapat memasukan garam epson ke dalam air dan larutkan. Rendamkan lutut didalamnya dan rasa sakit pun akan sembuh. Anda juga bisa mandi menggunakan air garam ini.

Peterseli

Daun peterseli memiliki sifat anti inflamasi dan obat bius. Anda dapat merendamkan lutut yang sakit ke dalam air hangat campuran biji ajwain dan daun peterseli di dalamnya. Anda juga dapat menghancurkan peterseli dan membuatnya seperti pasta kemudian oleskan di bagian yang terkena nyeri.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips mengobati nyeri sendi lutut tanpa obat-obatan kimia. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih :)

Tips Mengobati Nyeri Sendi Lutut Tanpa Obat-obatan Kimia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment