Redakan Nyeri Sendi Dengan Terapi Kompres Hangat dan Dingin

Nyeri sendi merupakan salah satu jenis penyakit yang akan menyebabkan penderitanya mengalami rasa nyeri dan kekauan pada area sendi tertentu serta dapat menghambat aktivitas dan mengurangi kenyamanan dalam beristirahat. Nah, untuk meredakan rasa nyeri tersebut, Anda dapat melakukan terapi dengan kompres dingin atau hangat.



Terapi kompres hangat atau dingin ini merupakan salah satu cara meredakan nyeri dan kekakuan pada sendi, misalnya untuk sendi lutut yang cedera atau mengalami peradangan. Selain prosesnya mudah dan sangat praktis, terapi ini juga bisa diandalkan untuk membantu mengatasi nyeri ringan. Terpai kompres hangat dan dingin ini bisa menjadi pelengkap dalam mengatasi masalah nyeri sendi.

Terapi Kompres Dingin Untuk Meredakan Nyeri Sendi

Kompres dingin menggunakan es ini dapat menyebabkan vasokonstriksi (penyempitan pembuluh darah) sehingga saat terjadi peradangan atau cedera, proses vasokonstriksi ini akan menyebabkan pengurangan pembengkakan.

Selain itu, zat-zat dalam darah yang berperan dalam menimbulkan rasa nyeri ke sendi lutut tersebut juga akan terhenti sehingga rasa nyeri pun akan berkurang. Untuk melakukan terapi dingin ini Anda hanya perlu membungkus es dengan bungkusan dan meletakannya pada area lutut yang terkena nyeri, terapi ini sangat dianjurkan dilakukan kurang dari 48 jam pasca munculnya cedera atau radang sendi lutut. Anda dapt menempelkan kompres es ini selama 10 hingga 20 menit, sebanyak 3 kali atau lebih dalam sehari.

Terapi Kompres Hangat Untuk Meredakan Nyeri Sendi

Selain kompres dingin, Anda jugab bisa melakukan kompres hangat. Kebalikan dari kompres dingin, kompres hangat ini akan menyebabkan vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah) yang mana akan berguna untuk mendatangkan zat-zat yang berguna untuk proses penyembuhan. Kompres hangat sendiri boleh dilakukan pada 48 jam setelah Anda mengalami cedera, karena jika kompres dilakukan 48 jam pertama justru akan dikhawatirkan menyebabkan pembengkakan yang akan bertambah parah.

Adapun terapi kompres panas ini bisa Anda lakukan dengan kompres (heating pad) ataupun mandi air hangat, hal ini nantinya akan mengurangi sendi yang nyeri dan otot yang lelah. Hal ini karena panas dapat memperbaiki sirkulasi dan mengantarkan nutrisi terhadap sendi dan otot yang bermasalah.

Terapi kompres hangat dan dingin ini dapat membantu menghilangka nyeri, kekakuan dan pembengkakan pada sendi lutut. Kompres panas dan dingin ini sangat cocok sekali digunakan saat nyeri yang terasa cukup berat atau pada kasus yang terjadi secara kronik. 

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips meredakan nyeri sendi dengan kompres panas dan dingin. Semoga bermanfaat :)

Redakan Nyeri Sendi Dengan Terapi Kompres Hangat dan Dingin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment