Mengenal Obat Nyeri Sendi Yang Tidak Bikin Perih

Sebagian orang umumnya sering menggunakan balsem, gel, dan krim pereda nyeri sendi yang mengandung capsaicin untuk meredakan nyeri sendi yangsedang mereka alami. Padahal, krim atau gel yang mengandung natrium diklofenak sebenarnya lebih tepat digunakan untuk mengobati nyeri sendi tanpa meberikan sensasi perih.


Sendi merupakan media penghubung antar tulang. Sendi-sendi pada tubuh umumnya akan memberikan sokongan dan membantu Anda untuk bergerak. Kerusakan pada sendi yang diakibatkan oleh cedera atau penyakit tertentu tentunya akan sangat menganggu pergerakan Anda dan juga akan menimbulkan rasa sakit.

Penyebab Nyeri Sendi

Terdapat berbagai kondisi yang dapat menyebabkan nyeri sendi diantaranya yaitu : osteoarthritis, cedera seperti keseleo, asam urat, patah tulang, lupus, hingga infeksi virus. Aktivitas yang berlebih seperti melompat, berdiri terlalu lama serta mengangkat beban terlalu berat juga bisa menyebabkan nyeri sendi.

Pengobatan Nyeri Sendi

Ada berbagai pengobatan nyeri sendi yang bisa dilakukan. Untuk pengobatan di rumah, Anda dapat melakukan kompres dingin dan istirahat untuk membantu mengatasi nyeri dan peradangan. Selain itu, Anda juga dapat mencoba memakai obat topikal (obat oles) untuk mengatasi nyeri seperti natrium diklofenak gel yang dapat Anda beli secara bebas tanpa resep dokter.

Perbandingan Natrium Diklofenak dan Capsaicin

Berikut adalah penjelasan atau perbandingan pada kandungan kedua obat nyeri sendi tersebut.

  • Natrium diklofenak


Diklofenak merupakan salah satu golongan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang dapat mengobati nyeri sendi. Obat ini nantinya akan bekerja dalam meredakan peradangan dan mengurangi zat dalam tubuh yang menyebabkan rada sakit tanpa menimbulkan sensasi perih atau panas. Gel ini biasanya akan digunakan untuk menghilangkan rasa sakit akibat osteoartritis pada sendi tertentu, seperti pada area pergelangan kaki, lutut, siku, kaki, pergelangan tangan dan tangan. Apabila nyeri sendi yang Anda rasakan banyak di bagian tubuh, untuk mengatasinya bisa menggunakan natrium diklofenak oral atau tablet. Namun perlu Anda ketahui bahwa obat ini tidak dianjurkan konsumsi oleh mereka yang menderita penyakit jantung.

  • Capsaicin


Capsaicin merupakan bahan aktif yang terkandung dalam cabai yang akan menciptakan rasa pedas. Bahan aktif ini digunakan dalam obat oles seperti krim dan lotion untuk menghilangkan nyeri sendi atau nyeri otot. Krim yang mengandung capsaicin ini jika dioleskan pada tubuh akan menyebabkan sensasi perih karena dapat mengaktifkan sel saraf tertentu. Sehingga penggunaan krim ini tidak disarankan jika : terdapat alergi terhadap cabai atau obat capsaicin oles, terdapat luka terbuka atau kulit yang teriritasi, dan digunakan pada anak-anak. Sehingga jika Anda setelah menggunakan obat ini muncul sensai tidak nyaman atau perih, segeralah untuk mencuci area kulit yang sebelumnya telah Anda oleskan obat ini.

Kedua obat tersebut memang terlihat serupa karena bisa mengobati nyeri sendi yang Anda alami. Namun kenyataannya kedua obat tersebut sangatlah berbeda. Sehingga kami sangat menyarankan Anda untuk menggunakan natrium diklofenak untuk mengobati nyeri sendi karena obat ini tidak akan menimbulkan perih.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Anda. Terima Kasih :)

Mengenal Obat Nyeri Sendi Yang Tidak Bikin Perih Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment