Manfaat Minyak Ikan Untuk Mengobati Nyeri Sendi

Selamat datang dan selamat berkunjung kembali di situs web yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar nyeri sendi dan pengobatannya. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan informasi mengenai manfaat minyak ikan untuk mengobati nyeri sendi. Tahukah Anda jika ternyata rutin mengkonsumsi minyak akan dapat mengobati nyeri sendi? Berikut kami sajikan informasi lengkapnya untuk Anda.


Nyeri sendi merupakan salah satu kondisi penyakit yang sering dikeluhkan oleh kebanyakan orang dewasa. Banyak sekali kondisi yang dapat menyebabkan nyeri sendi, termasuk cedera, keseleo, dan asam urat. Namun pada umumnya nyeri sendi ini sering disebabkan oleh arthritis atau suatu kondisi uang sering di sebabkan oleh peradangan sendi. Gejala nyeri sendi pun bermacam-macam dari mulai gejala ringan hingga gejala yang berat. Namun sebagian besar kasus nyeri sendi ringan bisa Anda tangani sendiri di rumah. Salah satu cara mengobati nyeri sendi yang alami di rumah adalah dengan rutin mengkonsumsi minyak ikan.

Manfaat Minyak Ikan Sebagai Obat Nyeri Sendi Alami

Pada umumnya nyeri sendi dapat terjadi akibat adanya peradangan yang dimulai ketika sel tubuh mengalami kerusakan dan terjadilah pelepasan zat kimia di dalam tubuh sebagai pertanda bagi sistem imun untuk melawan balik. Peradangan yang berkelanjutan ini dapat merusak tubuh dan inilah awal mula dari terjadinya nyeri sendi kronis.

Minyak ikan merupakan salah satu bahan alami yang bermanfaat dalam mengobati nyeri sendi secara alami. Minyak ikan sendiri di percaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan karena tinggi akan kandungan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 merupakan asam lemak esensial yang tidak dapat di produksi sendiri oleh tubuh. Oleh karena itu, Anda bisa mendapatkan asupan omega-3 ini dengan memakan ikan atau meminum suplemen minyak ikan.

Berdasarkan hasil penelitian, minyak ikan asam lemak omega-3 dalam bentuk DHA dan EFA dari suplemen minyak ikan ini mampu mengurangi peradangan dalam tubuh. DHA dan EFA akan di ubah oleh tubuh menjadi resolvin atau senyawa kimia anti peradangan yang mampu memblokir aktivitas peradangan. Oleh karena itu, maka bisa dikatakan bahwa minyak ikan memang sangat bermanfaat sebagai obat nyeri sendi yang dapat membantu mengurnagi gejala nyeri dan bengkak akibat arthritis.

The Association of UK Dietitians, mereka mengungkapkan bahwa mengkonsumsi 2 porsi ikan yang kaya akan kandungan omega-3 dalam waktu seminggu sangat baik untuk penderita nyeri sendi. Selain terdapat pada ikan, omega-3 juga dapat Anda temukan dari sayuran berdaun hijau gelap, minyak sayuran, serta kacang-kacangan dan biji-bijian.

Banyak Mengkonsumsi Minyak Ikan Juga Tidak Baik

Perlu Anda ketahui jika minyak ikan tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, minyak ikan hanya diperbolehkan diminum dalam dosis tinggi jika penggunanya di bawah pengawasan dari dokter. Mengkonsumsi terlalu banyak minyak ikan akan membuat darah tidak membeku sehingga akan meningkatkan kemungkinan terjadi pendarahan. Minyak ikan juga dapat menyebabkan munculnya efek lain seperti bau mulut, bersendawa, ruam, mual, mulas dan mimisan.

Penggunaan minyak ikan dalam dosis yang tinggi dapat menekan aktivitas imun tubuh dalam melawan infeksi. Selain itu, mengkonsumsi terlalu banyak minyak ikan juga dapat meningkatkan resiko stroke.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat minyak ikan untuk mengobati nyeri sendi. Semoga informasi yang telah kami sampaikan diatas bisa bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih :)

Manfaat Minyak Ikan Untuk Mengobati Nyeri Sendi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment