Manfaat Kolagen Untuk Nyeri Sendi

Selamat datang dan selamat berkunjung kembali di situs web yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar nyeri sendi dan pengobatannya. Pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai manfaat kolagen untuk nyeri sendi.


Pada umumnya kolagen sering dimanfaatkan untuk mengencangkan kulit wajah dan membuat kulit tampak awet muda. Akan tetapi tahukah Anda jika ternyata kolagen juga sangat bermanfaat untuk mengatasi nyeri sendi yang disebabkan oleh peradangan. Apa saja fungsi kolagen untuk nyeri sendi? Berikut kami sajikan infromasi lengkapnya untuk Anda.

Apa Itu Kolagen?

kolagen merupakan salah satu jenis protein alami yang di produksi tubuh. Adapun bagian tubuh yang banyak sekali menyimpan kolagen yaitu kulit, tulang, otot, urat, sistem pencernaan dan pembuluh darah.

Kolagen juga mempunyai berbagai fungsi yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh diantaranya yaitu dapat menjaga kekuatan dan kekenyalan kulit, mampu mengganti sel-sel kulit mati, serta mencegah pengeroposan tulang.

Namun semakin bertambahnya usia, maka kemampuan tubuh dalam memproduksi kolagen pun akan semakin berkurang. Inilah yang menjadi penyebab mengapa kulit orang yang lebih tua lebih mudah keriput dan kering. Selain itu, lansia juga semakin lebih mudah terserang berbagaipenyakit penyebab nyeri sendi.

Apa Saja Fungsi Kolagen Untuk Nyeri Sendi?

Berikut adalah beberapa fungsi kolagen untuk nyeri sendi yang bertujuan untuk membantu mengendalikan gejala-gejala peradangan seperti pada reumatik dan osteoarthritis.

  • Fungsi Kolagen Untuk Reumatik

Kolagen ternyata memiliki manfaat yang mampu meredakan nyeri sendi dan mengurangi pembengkakan. Hal tersebut dilaporkan oleh para ahli dari Harvad's Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston, Amerika Serikat.

Namun, berdasarkan hasil penelitian lain, fungsi kolagen untuk mengatasi nyeri sendi karena reumatik ini belum dapat menggantikan obat methotrexate. Karena obat methotrexate dianggap masih memiliki peran lebih manjur untuk mengobati reumatik. Namun dalam membantu meringankan gejala-gejala reumatik kolagen juga masih bisa Anda coba.

  • Fungsi Kolagen Untuk Osteoarthritis

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Inggris, mereka menyebutkan bahwa fungsi kolagen dalam mengurangi nyeri sendi ini sangatlah efektif. Penelitian juga mencatat bahwa efek samping atau komplikasi dari pengobatan dengan kolagen ini sangat sedikit.

Menurut penelitian yang ditulis dalam Journal of Arthritis, mereka menyebutkan bahwa pasien dengan osteoarthritis yang mengkonsumsi kolagen dosis 480 miligram melaporkan rasa sakit karena nyeri sendi dapat berkurang hingga 88 persen. Sedangkan pasien yang mengkonsumsi 640 miligram kolagen melaporkan bahwa rasa sakit mereka berkurang sebanyak 91 persen. Itu artinya kolagen sangatlah efektif dalam mengurangi nyeri sendi akibat osteoarthritis.

Apa Saja Makanan Yang Kaya Akan Sumber Kolagen?

Kolagen bukanlah jenis protein yang bisa di dapat dengan mudah dari sumber bahan pangan. Oleh sebab itu, Anda perlu mengkonsumsi jenis-jenis nutrisi tertentu guna memicu produksi kolagen dalam tubuh Anda.

Adapun nutrisi yang diperlukan untuk menghasilkan kolagen dalam tubuh antara lain vitamin C, vitamin A, vitamin E, serta protein. Anda dapat memperoleh asupan tersebut dari makanan seperti buah, sayur, kacang-kacangan dan daging tanpa lemak.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat kolagen untuk nyeri sendi. Semoga informasi yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih :)

Manfaat Kolagen Untuk Nyeri Sendi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment