Obat Tradisional Nyeri Sendi Akibat Reumatik

Selamat datang dan selamat berkunjung kembali di situs web yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar nyeri sendi dan pengobatannya. Pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai obat tradisional nyeri sendi akibat reumatik yang paling ampuh. Untuk mengobati reumatik, pada umumnya dokter akan memberikan berbagai obat-obatan antiradang, pereda nyeri dan berbagai obat-obatan lainnya yang dapat memperlambat dan menghentikan nyeri sendi akibat reumatik tersebut. Namun tahukah Anda jika ternyata ada obat tradisional nyeri sendi akibat reumatik dari bahan alami yang mungkin bahannya tersedia di dapur Anda. Berikut kami sajikan informasi lengkapnya.

Obat Tradisional Nyeri Sendi Akibat Reumatik



Reumatik atau sering disebut dengan istilah rheuumatoid arthritis biasanya akan ditandai dengan kekakuan pada sendi, terutama sering terjadi di pagi hari. Gejala umumnya akan sangat terasa pada pergelangan tangan, kaki, ataupun tangan. Peradangan yang terjadi umumnya akan disertai dengan rasa nyeri, panas, dan biasanya akan disertai juga dengan pembengkakan pada bagian yang terkena. Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat Anda jadikan sebagai obat tradisional nyeri sendi akibat reumatik.

  • Jahe


Jahe memiliki kandungan yang bersifat sebagai anti peradangan seperti ibuprofen. Anda dapat menggunakan jahe sebagai obat alami nyeri sendi akibat reumatik untuk membantu meringankan efek samping tersebut.

  • Minyak Ikan


Asam lemak dan omega-3 yang terdapat dalam minyak ikan memiliki beberapa efek yang sama dengan obat anti radang nonsteroidal atau NSAID. Berdasarkan hasil studi pada tahun 2013 mereka membuktikan bahwa kelompok peserta yang mengkonsumsi minyak ikan mengalami penurunan tingkat reumatik yang lebih besar dari pada kelompok yang tidak mengkonsumsi minyak ikan.

  • Kunyit


Kandungan aktif di dalam kunyit yakni kurkumin telah terbukti mampu mengurangi pembengkakan dan nyeri pada reumatik. Sebuah studi menyebutkan bahwa produk yang terbuat dari kunyit yang disebut dengan BCM-95, akan sangat efektif dalam mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada pasien reumatik dari pada menggunakan obat diklofenak atau obat antiradang yang biasa digunakan untuk meredakan nyeri sendi.

  • Kayu manis


Tahukah Anda jika kayu manis ternyata memiliki sifat anti inflamasi yang sangat berkhasiat dalam melawan peradangan. Biasanya orang sering memanfaatkan kayu manis yang dimasukan ke dalam makanan atau minuman yang dibuat teh. Ramuan ini bisa digunakan untuk mengobati rasa sakit dan nyeri terutama saat cuaca dingin.

  • Ekstrak teh hijau


Teh hijau sangat kaya akan katekin, yang merupakan senyawa penting yang berperan dalam melawan reumatik. Salah satu studi melakukan penelitian dengan memantau orang-orang yang menderita reumatik untuk mengkonsumsi teh hijau selama 6 bulan. Para peserta juga dianjurkan untuk mengkuti program latihan yang cukup intensif dimana mereka harus berjalan diatas treadmill selama 45-60 menit, tiga kali seharinya.

Studi tersebut akhirnya menemukan bahwa teh hijau dan olahraga sangat efektif dalam menurunkan gejala reumatik. Akan tetapi, teh hijau dapat bereaksi atau mengurangi kerja obat-obatan tertentu. Sehingga, Anda tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat reumatik alami, termasuk teh hijau, diluar pengawasan dokter.

  • Lada hitam


Anda juga dapat menggunakan lada hitam untuk meredakan nyeri dan pembengkakan secara alami. Menurut data yang diperoleh dari Arthritis Foundation, capsaicin, zat yang memberi rasa panas pada cabai ini dapat digunakan dalam gel dan krim sebagai pengobatan radang sendi. Berdasarkan hasil penelitian yang di publikasikan pada tahun 2010 dalam jurnal Natural Product Communications mereka menemukan bahwa banyak sifat antiradang yang ditemukan di capsaicin juga ditemukan dalam lada hitam.

  • Bawang Putih


Sebuah penelitian yang diterbitakan di Food and Chemical Toxicology mencatat bahwa bawang putih memiliki efek anti radang yang cukup baik karena dapat menghambat produksi sitokin, yaitu zat yang berperan dalam peradangan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai obat tradisional nyeri sendi akibat reumatik. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih :)

Obat Tradisional Nyeri Sendi Akibat Reumatik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment