Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Sendi Pergelangan Kaki

Selamat datang dan selamat berkunjung kembali di situs web yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia nyeri sendi. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi nyeri sendi pergelangan kaki. Apakah Anda salah satu orang yang sering mengalami nyeri sendi pergelangan kaki? dan bingung bagaimana cara mengatasinya? Berikut kami akan menyajikan informasi mengenai cara mengatasi nyeri sendi pergelangan kaki.


Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Sendi Pergelangan Kaki


Pergelangan kaki adalah jaringan tulang, ligamen, tendon dan otot yang rumit. Fungsi dari pergelangan kaki sendiri yaitu untuk menanggung berat badan dan memungkinkan Anda untuk bergerak. Hal inilah yang menyebabkan pergelangan kaki sangat rentan terhadap cedera.

Nyeri pada pergelangan kaki merupakan salah satu kondisi umum yang sering terjadi masyarakat akibat dari cedera seperti keseleo pergelangan kaki, patah tulang atau akibat penyakit lain yang menyerang kaki seperti asam urat, radang sendi, sindrom lorong taurus, infeksi dan tedonitis.

Apa sajakah yang menyebabkan nyeri sendi pada pergelangan kaki?


Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan nyeri sendi di pergelangan kaki.

Reumatoid artritis - Penyakit ini terjadi karena adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh, dimana sistem kekebalan tubuh menyerang sel sinovial atau cairan pelumas yang melancarkan pergerakan sendi. Oleh karena itu, pasien yang mengalami kondisi ini akan mengalami rasa yang sangat nyeri apabila sendi digerakan.

Asam urat - Penyakit ini merupakan bentuk dari artritis yang diperburuk oleh tingginya kadar asam urat dalam darah. Penyakit ini ditandai dengan kristal urat yang terkumpul pada sendi.

Osteoartritis - Penyakit ini dapat muncul akibat penuaan, yang biasanya akan mempengaruhi telapak dan pergelangan kaki, sendi lutut, tangan dan panggul. kondisi ini ditandai dengan jaringan tulang rawan yang telah aus akibat gesekan berulang kali, sehingga akan menyebabkan tulang sendi menjadi saling bersentuhan.

Pergelangan kaki terkilir – Cedera ini terjadi ketika ligamen pergelangan kaki meregang melebihi batas normal.

Pergelangan kaki keseleo – Cedera ini ditandai dengan robekan otot pada pergelangan kaki yang biasanya diakibatkan oleh trauma, otot yang terlalu bekerja keras, atau pergerakan sehari-hari.

Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Sendi Pergelangan Kaki ?

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyeri sendi pada pergelangan kaki, diantaranya yaitu menggunakan metode RICE. Kepanjangan dari RICE adalah rest (istirahat), ice (es), compression (kompresi) dan elevation (meninggikan). Berikut adalah penjelasannya:

  • Pertama Anda dapat mengistirahatkan sendi menggunakan kruk jika Anda tidak mampu lagi menahan beban tubuh.
  • Kedua, Anda dapat mengkompreskan es ke persendiaan untuk mengurangi bengkak. Anda dapat menggunakan sekantong es yang dibaluti dengan handuk, lalu mengkompreskannya di bagian sendi yang terasa sakit. Kompres es ini dianjurkan dilakukan selama 15-20 menit setiap 1-3 jam selama 48 jam pertama atau hingga bengkak membaik.
  • Gunakan perban kompresi seperti perban elastis untuk mengurangi bengkak dan radang.
  • Tinggikan pergelangan kaki melebihi jantung untuk melancarkan aliran darah dan limfa kembali ke jantung.
  • Selain itu, penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid juga diperlukan untuk mengurangi radang.

Demikianlah informasi mengenai "Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Sendi Pergelangan Kaki" yang dapat kami sampaikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih :)


Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Sendi Pergelangan Kaki Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment