Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Sendi Bahu

Selamat datang dan selamat berkunjung kembali di situs web yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar nyeri sendi. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagai informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi nyeri sendi bahu. Apakah Anda pernah mengalami nyeri sendi bahu? Banyak orang yang sering mengeluhkan masalah bahunya yang terasa nyeri pada bagian sendi. Nyeri sendi bahu umumnya bisa terjadi pada satu bahu saja atau justru pada keduanya. 



Pada dasarnya bahu yang mengalami sakit bisa menghambat kemampuan Anda untuk bergerak bebas jika tidak segera mendapat penanganan yang baik. Nyeri sendi bahu merupakan masalah umum dengan sejumlah penyebab yang berbeda. Keluhan ini bisa dialami oleh semua usia.

Penyebab Nyeri Sendi Bahu


Berikut adalah beberapa penyebab yang dapat memicu seseorang mengalami nyeri sendi bahu, diantaranya:

Terkilir atau Keseleo

Penyebab bahu keseleo yang paling umum yaitu karena hantaman langsung yang terjadi pada bahu dan area sekitarnya, entah itu akibat jatuh dalam posisi canggung, kecelakaan saat berolahraga atau kecelakaan bermotor. Bagian bahu yang keseleo dapat mengacu pada sobekan di ligamen atau otot yang mengikat pada persendiaan bahu.

Frozen Shoulder

Frozen shoulder (adhesive capsulitis) adalah suatu kondisi menyakitkan yang membuat Anda tidak bisa menggerakan bahu, sehinga jangkauan gerak bahu menjadi sangat terbatas. Kondisi ini umumnya terjadi ketika ada penebalan, pembengkakan dan pengetatan dari jaringan yang fleksibel yang mengelilingi sendi bahu. Frozen shoulder bisa terjadi setelah cedera atau dari penyakit seperti diabetes atau stroke.

Osteoarthritis

Nyeri sendi bahu juga dapat disebabkan karena osteoarthritis alias pengapuran sendi. Kondisi osteoarthritis sendiri biasanya dimulai pada usia pertengahan dan berkembang secara perlahan, serta rasa sakit yang disebabkannya bisa memburuk dari waktu ke waktu.

Dislokasi

Bahu merupakan bagian anggota tubuh yang paling sering mengalami dislokasi. Dislokasi sendiri dapat terjadi ketika tulang terlepas keluar dari soket sendinya. Selain di bahu, dislokasi juga dapat terjadi hampir disetiap sendi dalam tubuh termasuk pinggul, lutut ataupun pada pergelangan tangan.

Tendonitis

Nyeri yang terjadi pada sendi bahu bisa jadi gejala dari tendonitis, yakni peradangan yang terjadi pada tendon. Terjadinya tendonitis adalah efek dari reaksi sistem daya tahan tubuh terhadap cedera. 

Cara Mengatasi Nyeri Sendi Bahu

Pada umumnya terdapat beberapa jenis pengobatan untuk mengatasi nyeri sendi bahu tergantung pada penyebab, rasa sakit dan gejalanya. Namun, berikut adalah beberapa langkah awal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyeri sendi bahu.

  • Rest (Istirahat) : Sebisa mungkin Anda jangan melakukan aktivitas berat atau menggerakan bahu dalam waktu 48 jam setelah terjadi cedera.
  • Kompres dengan Es : Anda dapat menempelkan es batu pada bahu yang mengalami cedera selama 20 menit dan dilakukan secara berulang dalam sehari 4-8 kali. Anda bisa membungkus es terlebih dahulu dengan plastik dan dilapisi handuk ataupun juga dapat menggunakan kompresan es siap pakai yang tersedia di apotek.
  • Tekanan : Anda juga dapat melakukan sedikit tekanan lembut pada daerah bahu yang terasa sakit untuk membantu mengurangi pembengkakan.
  • Diangkat : Sebisa mungkin Anda harus menjaga area yang terkena cedera agar selalu berada di posisi yang lebih tinggi dari jantung.

Anda juga dapat mengonsumsi obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen, aspirin atau paracetamol untuk mengurangi rasa sakit dan mengobati cedera ringan atau nyeri sendi bahu akibat frozen shoulder. Namun jika gejala tak kunjung sembuh atau semakin memburuk, kami sangat menyarankan Anda untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Demikianlah informasi mengenai "Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Sendi Bahu" yang dapat kami sampaikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih :)

Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Sendi Bahu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment