Nyeri Sendi Punggung - Penyebab dan Gejalanya

Selamat datang dan selamat berkunjung kembali di situs web yang akan menyajikan informasi menarik seputar nyeri sendi. Untuk kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai nyeri sendi pungung. Apa itu nyeri sendi punggung? Nyeri sendi punggung merupakan suatu kondisi yang tidak menyenangkan akibat adanya kerusakan jaringan di sepanjang tulang belakang, dari dasar leher hingga tulang ekor. Gejala ini pada umumnya akan terasa sakit yang kadang muncul atau tidak, namun biasanya rasa sakit akan semakin bertambahan di malam hari.



Nyeri Sendi Punggung - Penyebab dan Gejalanya

Nyeri sendi punggung ini umumnya tidak disebabkan oleh hal yang serius dan dapat ditangani dengan hanya terus aktif melakukan gerakan dan mengkonsumsi obat pereda rasa sakit. Namun dalam beberapa kasus yang terjadi nyeri sendi punggung juga dapat menyiksa dan menimbulkan sakit yang tidak tertahankan sehingga akan membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

Berikut adalah beberapa jenis nyeri punggung berdasarkan penyebab dan lokasi nyerinya:

  • Skiatika, yaitu jenis nyeri yang timbul akibat iritasi dan terjadinya tekanan pada saraf skiatik yang akan menyebabkan mati rasa atau kesemutan yang menjalar dari punggung bawah melewati bokong hingga telapak kaki.
  • Frozen shoulder, yaitu rasa sakit dan kaku pada leher
  • Whiplash, yaitu suatu kondisi dimana terjadi cedera pada leher karena benturan yang terjadi secara tiba-tiba.
  • Slipped disc, terjadi ketika cakram tulang punggung sendi rusak dan akhirnya menekan saraf yang ada didekatnya
  • Ankylosing spondylitis, yaitu peradangan kronis yang terjadi pada tulang belakang.

Gejala dan Penyebab Nyeri Sendi Punggung

Nyeri sendi punggung dapat muncul dalam berbagai bentuk. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk mengenali berbagai gejala-gejalanya dan mengetahui kemungkinana penyebab yang mendasari nyeri sendi punggung. Dan berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang dapat menyebabkan nyeri sendi punggung, seperti:

  • Infeksi atau kanker : Siapa yang menyangka ternyata infeksi dan tumor dapat terbentuk di tulang belakang yang pada akhirnya akan menyebabkan nyeri berat di punggung.

  • Cedera : Cedera yang terjadi pada tulang belakang seperti terkilir dan retak, dapat menyebabkan nyeri punggung tiba-tiba (akut) atau menahun (kronis). Terkilir biasanya terjadi jika ligamen yang mendukung tulang belakang robek karena posisi yang tidak tepat. Kondisi ini juga dapat disebabkan karena kecelakaan dan jatuh yang berdampak pada punggung, terutama di tulang belakang.

  • Kondisi kesehatan: beberapa kondisi kesehatan seperti perubahan bentuk tulang (skoliosis), stenosis spinal, batu ginjal dan radang sendi juga dapat menjadi pemicu nyeri punggung.

  • Masalah struktural : Kondisi seperti pecahnya cakram tulang belakang dan penurunan fungsi atau degenerasi (proses penuaan). Cakram sendiri yaitu salah satu penyebab mekanis dari nyeri punggung. Biasanya cakram akan timbul karena faktor usia atau bentuk tubuh yang tidak benar sehingga menjadikan tulang belakang rusak atau menjadi cedera.
Demikianlah informasi mengenai "Nyeri Sendi Punggung - Penyebab dan Gejalanya" yang dapat kami sampaikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih :)

Nyeri Sendi Punggung - Penyebab dan Gejalanya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment