Gejala dan Cara Mengatasi Nyeri Sendi Pada Lutut

Sebagian orang pasti sering merasakan nyeri atau ngilu pada area persendian, salah satunya yaitu lutut. Nyeri sendi pada lutut dapat disebabkan akibat terjadinya infeksi, cedera, trauma dan penyakit peradangan. Kelebihan berat badan atau obesitas juga dapat menjadi salah satu pemicu nyeri sendi pada area lutut. Namun penyebab yang sering terjadi yaitu karena pengapuran sendi atau osteoatritis.

Osteoartritis meruapakan salah satu jenis arthritis yang paling umum terjadi. Osteoartritis adalah suatu kondisi dimana sendi akan terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul karena adanya gesekan pada ujung-ujung tulang penyusun sendi. Penyakit ini biasanya di tandai dengan rasa sakit dan kaku pada area sekitaran sendi dan nantinya akan mengakibatkan pembengkakan. Osteoartritis banyak ditemui pada pasien yang sudah berusia lanjut.


Apa saja gejala yang akan timbul akibat nyeri sendi lutut?

Berikut adalah beberapa gejala yang biasa muncul akibat nyeri sendi pada lutut:

  • Lutut Terasa Kaku

Nyeri sendi pada lutut akan menyebabkan otot lutut melemah serta struktur sendi tidak akan berfungsi stabil. Hal inilah yang menyebabkan lutut akan terasa kaku sehingga tidak bisa ditekuk ataupun diluruskan.

  • Gerak Lutut Semakin Terbatas

Saat radang sendi yang terjadi pada lutut kondisinya memburuk, maka bagian persendian tidak akan berfungsi secara normal sehingga dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Dan kemungkinan Anda juga akan memerlukan bantuan tongkat ataupun alat bantu jalan karena lutut tidak akan bisa menahan beban tubuh.

  • Peradangan

Radang sendi lutut akan menimbulkan peradangan yang disebabkan oleh pembentukan tulang kaji. Peradangan ini mengakibatkan kulit lutut Anda mengalami kemerahan serta akan terasa panas saat disentuh.

  • Bentuk lutut akan mengalami perubahan

Nyeri sendi lutut terjadi akibat peradangan akan mengakibatkan adanya perubahan pada bentuk luntut. Arthritis dapat membuat lutut menjadi cekung, hal ini karena otot-otot yang ada disekitar lutut mengecil dan melemah.

Gejala lainnya yang dapat muncul akibat nyeri sendi lutut diantaranya demam, adanya bunyi gemeretek, dan pembengkakan.

Jika Anda merasakan gejala-gejala tersebut, sebaiknya Anda segera pergi ke dokter untuk menjalani pemeriksaan secara medis. Karena tidak semua nyeri sendi lutut dapat ditangani dirumah, ada beberapa kondisi yang sangat memerlukan penanganan secara medis terutama pada kasus nyeri lutut berkepanjangan, adanya kerusakan pada sendi, yang dapat mengakibatkan cacat jka tidak segera mendapatkan penanganan secara khusus.

Cara Mengatasi Nyeri Sendi Pada Lutut

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyeri sendi pada lutut, diantaranya:

  • Gunakanlah sepatu yang nyaman dan sesuai dengan kaki Anda saat hendak melakukan olahraga.
  • Lakukan gerakan pada lutut secara perlahan, namun jika terasa nyeri segera beristirahat.
  • Anda bisa menggunakan tongkat untuk menopang berat tubuh.
  • Jangan menekukan lutut terlalu lama.
  • Gunakanlah pegangan tangan saat hendak menaiki tangga.
  • Cobalah untuk meluruskan lutut meskipun akan terasa agak nyeri.
Demikianlah informasi seputar gejala dan cara mengatasi nyeri sendi yang dapat saya sampaikan. Terima kasih telah menyimak artikel ini dan semoga bermanfaat bagi Anda yang telah membacanya :)

Gejala dan Cara Mengatasi Nyeri Sendi Pada Lutut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment