Tips Mencegah Nyeri Sendi Saat Melaksanakan Ibadah Haji

Banyak sekali jamaah haji yang sering mengeluhkan nyeri sendi. Dan umumnya kondisi ini dialami oleh para lansia. Pada umumnya orang yang sudah memasuki usia lanjut memang mengalami penurunan kesehatan. Nyeri lutut dan pinggang merupakan salah satu masalah umum yang sering dialami oleh lansia. Untuk itu, sangat penting sekali bagi Anda untuk mengetahui tips mencegah nyeri sendi saat melaksanakan ibadah haji. Apa saja tipsnya? Yuk simak informasinya berikut ini.


Tips Mencegah Nyeri Sendi Saat Melaksanakan Ibadah Haji

Aktivitas haji atau umroh yang cukup padat seperti tawaf dan sa'i maupun berjalan dari hotel menuju masjidil haram dengan jarak yang lumayan melelahkan tentunya akan meningkatkan resiko seseorang mengalami nyeri sendi, baik itu pada lutut atau pada bagian tubuh lainnya.

Berikut adalah beberapa tips mencegah nyeri sendi saat melakukan ibadah haji, diantaranya:

Beristirahat Sejenak

Jika Anda merasakan nyeri di bagian persendian, cobalah untuk beristirahat sejenak dan jika memungkinkan rebahkan badan dan beristirahatlah. Pada kasus nyeri lutut, merebahkan badan sembari mengangkat kaki dengan posisi tubuh lebih tinggi dari pinggang biasanya akan memperbaiki kondisi nyeri.

Kompres Panas Atau Dingin

Setelah Anda melakukan tawaf atau sa'i, bersitirahatlah di penginapan dan lakukan kompres dingin pada daerah yang terkena nyeri minimal 15-20 menit, lakukan 2 kali dalam sehari.

Jika setelah 3 hari pasca nyeri sendi muncul dan Anda telah melakukan kompres dingin, tapi nyeri masih muncul. Nah pasa hari keempatnya Anda bisa melakukan kompres panas, caranya siapkan air hangat dalam wadah kemudian masukan handuk lalu peras airnya dan tempelkan pada area nyeri sendi. Lakukan setidaknya 10-15 menit dalam sehari.

Kompresi

Penggunakan elastic pada bandage sebagai kompresi terutama pada lutut juga dapat digunakan untuk mengurangi nyeri. Gunakan bandage saat beraktivitas misalnya dalam perjalanan dari penginapan ke masjidil haram dan lepaskan bandage pasa saat tidur atau mandi.

Medikamentosa

Anda juga bisa meredakan nyeri sendi dengan medikamentoda yang dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya pemberian NSAID, suntikan asam hyaluronate dan juga pencegahan dengan mengkonsumsi suplemen kondroitin dan glukosamin.

Demikianlah informasi mengenai tips mencegah nyeri sendi saat melakukan ibadah haji atau umroh. Semoga bermanfaat.

Tips Mencegah Nyeri Sendi Saat Melaksanakan Ibadah Haji Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment