Cara Membedakan Nyeri Sendi dan Nyeri Tulang

Banyak sekali orang yang mengalami nyeri sendi kaku, kram dan nyeri saat bangun tidur. Dan biasanya hal ini merupakan gejawa awal reumatik. Namun masih banyak sekali orang yang bingung membedakan dari mana asal nyeri tersebut, apakah dari persendian atau dari tulang. Untuk mengetahui jawabannya, Anda bisa menyimak informasi berikut ini.

Cara Membedakan Nyeri Sendi dan Nyeri Tulang

Seseorang yang terkena reumatik atau asam urat mungkin sudah tidak asing lagi dengan nyeri sendi. Namun mungkin Anda masih bingung bagaimana membedakan keduanya ini, apakah termasuk nyeri sendi atau nyeri tulang.

Meskipun namanya berbeda, perlu Anda ketahui bahwa sendi terbentuk dari beberapa tulang yang terhubung. Sendi sendiri merupakan celah yang terbuat dari 2 tulang yang saling terhubung dan dapat ditemukan di seluruh badan. Berikut adalah cara membedakan nyeri sendi dan nyeri tulang:

Tingkat Keparahan Nyeri

Salah satu cara yang paling mudah untuk membedakan nyeri sendi dan nyeri tulang yaitu dengan dilihat dari seberapa parah rasa sakit yang Anda rasakan. Umumnya nyeri tulang akan terasa lebih hebat dibandingkan nyeri sendi atau nyeri otot.

Nyeri tulang biasanya akan digambarkan dengan rasa sakit yang tajam, terutama jika penyebabnya adalah patah tulang. Begitu juga dengan kanker tulang, rasanya pasti akan terasa seperti ditusuk-tusuk mirip dengan nyeri patah tulang.

Dan untuk nyeri sendi sendiri umumnya akan terasa lebih ringan. Karena pasalnya, nyeri akan dirasakan di sekitar sendi yang meradang sehinga lebih mampu ditahan atau dikendalikan.

Rasa Nyeri Yang Kambung

Cara membendakan yang selanjutnya yaitu dengan melihat seberapa sering kambuhnya. Rasa sakit dibagian sendi biasanya tidak mudah kambuh, rasa sakitnya muncul saat Anda menggerakan bagian persendian yang membengkak atau meradang. Dan umunya nyeri sendi akan membaik dengan beristirahat.

Lain halnya lagi dengan nyeri tulang yang cenderung akan terasa sepanjang waktu. Nyeri tulang umumnya mudah sekali kambuh, entah itu saat Anda bergerak atau bahkan sedang beristirahat tanpa melakukan apapun.

Jika Anda mengalami gejala nyeri yang entah itu munculnya di bagian sendi atau tulang, sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter. Terlebih jika rasa nyeri yang Anda rasakan semakin memburuk dan berlangsung lama.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara membedakan nyeri sendi dan nyeri tulang. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih

Cara Membedakan Nyeri Sendi dan Nyeri Tulang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment