Cara Mengobati Nyeri Sendi Secara Alami

Nyeri sendi adalah salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Nyeri lutut adalah salah satu jenis nyeri sendi yang paling umum, dan diikuti dengan nyeri pinggul dan nyeri bahu.

Nyeri sendi juga dapat disertai dengan nyeri otot ataupun nyeri tulang. Kondisi ini akan menyebabkan ketidaknyamanan bagi penderitanya, karena akan mengalami kesusahan dalam melakukan berbagai kegiatan tertentu seperti mengangkat benda yang berat.

Meskipun penyakit ini sangat menganggu aktivitas dalam kehidupan Anda. Namun nyeri sendi bukanlah suatu penyakit yang serius, Anda bisa melakukan pengobatannya sendiri dirumah.


Bagaimana cara mengobati nyeri sendi?


Anda dapat melakukan pengobatan nyeri sendi ringan dan jangka pendek sendiri di rumah. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati nyeri sendi:

  • Kompres bagian sendi yang terasa nyeri menggunakan pembalut elastis.
  • Dinginkan sendi sekitar 15 menit dengan es batu.
  • Naikkan posisi sendi di atas posisi jantung.
  • Lindungi sendi menggunakan penahan atau penutup.
  • Istirahatkan sendi, dengan menghindari kegiatan yang berhubungan dengan sendi.

Anda juga dapat menerapakan kompres penghangat ataupun kompres es untuk menenangkan kembali otot disekitaran sendi. Tindakan tersebut juga dapat meredakan ketegangan dan mengurangi rasa sakit pada sendi.

Nyeri sendi juga dapat di atasi dengan beberapa bahan alami yang sering Anda jumpai di rumah, diantaranya:

  • Kayu Putih


Kayu putih yang telah di ekstra menjadi minyak ini bisa Anda gunakan sebagai obat untuk membantu dalam mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang di akibatkan oleh nueri sendi.

  • Jahe


Jahe merupakan salah satu bumbu masak yang bisa Anda gunakan sebagai ramuan obat nyeri sendi yang murah. Hal ini karena jahe mengandung sifat panas dan memiliki sifat anti inflamasi yang mana sangat bermanfaat dalam mengatasi nyeri sendi pada bagian tubuh tertentu.

  • Air Garam


Anda juga bisa menggunakan air hangat dan garam untuk meredakan nyeri sendi. Caranya Anda hanya perlu menuangkan air hangat pada wadah yang cukup besar yang bisa memuat bagian tubuh yang terasa nyeri. Kemudian Anda taburkan 3 sendok garam hingga larut, setelah itu Anda rendamkan bagian tubuh yang terasa nyeri.

  • Gel Lidah Buaya


Lidah buaya sangat umum dikenal sebagai bahan herbal yang sering digunakan dalam pengobatan alternatif. Nyeri sendi juga bisa atasi dengan tanaman yang satu ini, cara yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya yang telah di dinginkan terlebih dahulu pada bagian sendi yang terasa nyeri dan diamkan selama beberapa menit sampai rasa nyeri mereda.

Itulah beberapa cara mengobati nyeri sendi dengan bahan alami dan tanpa efek samping. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda para pembaca.

Cara Mengobati Nyeri Sendi Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment