Terapi Nyeri Sendi Yang Cocok Untuk Ibu Hamil

Pada masa kehamilan secara alami tubuh akan memproduksi hormon relaksin yang dapat menyebabkan jaringan pengikat tulang (ligamen) menjadi lebih lunak dan lemas. Perubahan yang terjadi di area punggung bawah ini sangat diperlukan agar tubuh Anda siap melahirkan.

Terapi Nyeri Sendi Untuk Ibu Hamil

Pada umumnya, persendian yang kurang stabil akan menyebabkan penderitanya mengalami nyeri. Dan berikut adalah beberapa terapi yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi nyeri punggung bawah diantaranya:

Olahraga

Perlu Anda ketahui jika melakukan olahraga secara rutin ternyata dapat memperkuat otot dan fleksibilitas sendi. Dengan demikian, tegangan pada tulang belakang akan berkurang.

Adapun olaharaga yang paling aman bagi ibu hamil yaitu berjalan, bersepeda statis dan berenang. Selain itu, Anda juga dapat melakukan latihan atau senam khusus untuk menguatkan otot dan sendi punggung serta panggul.

Kompres

Terapi yang kedua yaitu dengan cara melakukan kompres dingin pada area nyeri selama 15-20 menit, 3-4 kali sehari. Dan setalah 2-3 hari kemudian, gunakan kompres hangat di area yang sama. Namun yang perlu diperhatikan, Anda harus menghindari kompres area perut saat sedang hamil.

Tidur Miring Ke Satu Sisi

Sebainya Anda menghindari tidur terlentang. tidurlah dengan posisi miring ke sisi kiri dengan salah satu atau kedua lutut tertekuk. Taruh bantal penyangga diantara kedua lutut, dibawah perut, dan belakang punggung.

Gunakan Perlengkapan Yang Nyaman Untuk Dipakai

Sebaiknya Anda menghindari pemakaian sepatu berhak tinggi saat hamil, karena hal tersebut akan membuat Anda rentan terjatuh. Dan sebaiknya Anda menggunakan sepatu berhak rendah dan bukan sepatu datar. Dan apabila Anda merasa nyaman, gunakanlah korset khusus ibu hamil (maternity belt) sebagai penyangga punggung bawah.

Kelola Stres dengan baik

Pengelolaan stres atau konseling sangat diperlukan terutama bagi wanita hamil, karena stres akan menjadi faktor utama penyebab nyeri saat hamil.

Biasakan Cara Mengangkat Barang Yang Benar

Perlu Anda ketahui jika Anda ingin mengangkat barang, jongkok dan angkatlah dengan kedua kaki. Jangan membungkuk atau mengangkatnya dengan punggung karena bisa menyebabkan nyeri. 

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai terapi nyeri sendi yang cocok untuk ibu hamil. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih

Terapi Nyeri Sendi Yang Cocok Untuk Ibu Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment