Benarkah Semakin Bertambah Usia Nyeri Sendi Sering Muncul?


Seiring bertambahnya usia, maka semakin rentan pula seseorang terkena berbagai masalah kesehatan
salah satunya yaitu nyeri sendi. Biasanya rasa sakit akan semakin terasa di area siku, leher, ruas jari, lutut, pinggul hingga bahu.


Kondisi ini tentu saja akan membuat mereka menjadi kesulitan dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-sehari misalnya saja seperti naik dan turun tangga, bersujud dan berdiri kembali ketika beribadah dan saat membungkuk. Rasa nyeri juga akan menghampiri saat udara dingin, ngilunya tidak tertahankan. Sebenarnya apa penyebabnya?

Penyebab Nyeri Sendi Seiring Bertambahnya Usia

Perlu Anda ketahui ketika manusia telah mencapai usia 35 tahun ke atas, sendi-sendi mereka umumnya akan berubah menjadi kaku. Cairan pelumas alami pada persendian akan berkurang sehingga tulang rawan (cartilage) yang  berperan sebagai bantalan pergerakan sendi menjadi kering. Akibatnya tulang rawan sendi menjadi tidak elastis lagi, menipis, dan akan bergesekan sehingga terjadinya osteoarthritis yakni pengapuran atau radang sendi yang semakin membesar.

Berdasarkan data yang diperoleh dari sebuah riset kesehatan, terdapat sekitar 36,5 juta jiwa atau 16% penduduk Indonesia yang menderita nyeri sendi. Sebagian dari mereka telah mengalami kondisi yang di sebut dengan osteoarthritis.

Bagaimana Cara Mencegah Terjadi Osteoarthritis?

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya osteoarthritis, diantaranya:
  • Jagalah posisi tubuh agar tetap ideal dengan mengkonsumsi makanaa sehat dan seimbang.
  • Rajin berolahraga dan utamakan melakukan olaharga ringan saja.
  • Terapkan selalu gaya hidup sehat dengan menghindari makanan dan minuman yang manis-manis.
  • Jangan biarkan kadar gula dalam darah berlebih
Perlu Anda ketahui jika tubuh yang terlali gemuk akan memicu bertambahnya tekanan pada persenidan pinggul dan lutut. Sementara jika kadar gula darah tinggi maka akan membuat tulang rawan menjadi lebih kering dan kaku hingga pada akhirnya tulang rawan akan mudah robek.

Lalu, bagaimana jika osteoarthritis Sudah Terlanjur Terjadi?

Jika Anda sudah terlanjut mengalami osteoarthritis maka Anda sangat disarankan untuk mengkonsumsi suplemen persendian yang mengandung kondroitin, Glukosamin dan MSM. Glukosamin sendiri akan berfungsi untuk memproduksi cairan pelumas sendi. Sementara kondroitin akan berfungsi untuk memperbaiki tulang rawan yang rusak dan MSM sebagai analgesik alami untuk mengatasi nyeri sendi.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai nyeri sendi yang sering terjadi saat bertambahnya usia. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih

Benarkah Semakin Bertambah Usia Nyeri Sendi Sering Muncul? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment