Penyebab Nyeri Sendi Pergelangan Tangan

Nyeri pergelangan tangan merupakan salah satu masalah muskuloskeletal (tulang dan otot) yang paling umum terjadi. Meskipun biasanya gerak tubuh tidak berpengaruh pada pergelangan tangan, tetapi penggunaan tangan yang berlebih atau kecelakaan mendadak dapat menyebabkan nyeri di bagian pergelangan tangan. Nyeri ini umumnya akan memperngaruhi aktivitas sehari-hari dan membatasi rentang gerak Anda. Untuk itu penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja penyebab nyeri sendi pergelangan tangan ini. Yuk simak informasi berikut ini untuk lebih jelasnya.

Penyebab Nyeri Sendi Pergelangan Tangan

Nyeri sendi pergelangan tangan dapat dialami oleh siapapun dan usia berapapun. Berikut kami sajikan informasi mengenai penyebab nyeri sendi pergelangan tangan, diantaranya:

Melakukan Gerakan Berulang

Dalam beberapa jenis pekerjaan, Anda sesekali mungkin harus mengulang dan melakukan gerakan selama beberapa kali. Jika ini mengharuskan Anda untuk menggunakan pergelangan dan tangan Anda, maka nyeri sendi pergelangan tangan pun bisa terjadi seiring berjalannya waktu. Adapun pekerjaan yang biasanya membutuhkan gerakan berulang yakni penata rambut dan koki. Jika Anda salah satu orang yang melakukan pekerjaan ini maka Anda harus mempertimbangkan berganti pekerjaan atau lebih memperhatikan pergelangan tangan Anda.

Cedera Olahraga

Nyeri pergelangan tangan bisa saja terjadi akibat cedera. Misalnya cedera saat sedang melakukan olahraga tertentu seperti bowling, bola voli, bola basket, golf, atau tenis. Hal ini karena olahraga tersebut mengharuskan Anda untuk selalu menggunakan tangan dan pergelangan tangan Anda dengan sangat sering dan bisa saja menyebabkan penggunaan yang berlebihan.

Penyakit atau Kondisi Tertentu

Saat Anda sedang dalam kondisi hamil, retensi cairan dalam tubuh akan memberikan tekanan carpal tunnel. Carpa tunnel sendiri yaitu saluran yang membentang dari pergelangan tangan ke bagian bawah telapak tangan. Namun biasanya kondisi ini hanya bersifat sementara saja dan bisa menghilang dalam beberapa bulan setelah melahirkan.

Adapun penyakit yang bisa memperngaruhi kondisi ini diantaranya:
  • Obesitas merupakan salah satu resiko faktor untuk nyeri pergelangan tangan. Karena saat Anda kelebihan berat badan, tubuh memiliki kelebihan lemak. Lemak yang berlebih inilah yang nantinya akan menghancurkan sendi dan menyebabkan nyeri pergelangan tangan.
  • Diabetes juga salah satu penyakit yang bisa mempengaruhi pergelangan tangan. Biasanya orang yang menderita diabetes akan mengalami pergelangan tangan yang sedikit kaku sehingga Anda akan merasa kesulitan untuk menggerakan atau menggunakannya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab nyeri sendi pergelangan tangan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Penyebab Nyeri Sendi Pergelangan Tangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment