Bagaimana Cara Membedakan Nyeri Sendi dan Pegal Linu?

Masih banyak orang yang berpikiran bahwa nyeri sendi dan pegal linu itu merupakan suatu kondisi yang sama. Padahal, menurut pakar kesehatan kedua kondisi tersebut sangatlah berbeda baik itu dalam hal penyebab, gejala dan cara pengobatannya. Lalu, apa perbedaan nyeri sendi dan pegal linu? Cari tahu informasi selengkapnya berikut ini.

Bagaimana Cara Membedakan Nyeri Sendi dan Pegal Linu?

Menurut pakar kesehatan, pegal linu merupakan suatu gejala dimana kita bisa mengalami sensasi nyeri atau kaku pada persendian, namun saat diperiksakan ke dokter, dokter mengatakan tidak ada bukti yang menunjukan bahwa ada kelainan pada persendian tubuh. Pegal linu sendiri sering kali terjadi karena adanya gangguan pada persendian atau jaringan pendukung sendi layaknya tendon, tulang, ligamen, hingga otot. Biasanya pegal linu dapat terjadi karena aktivitas fisik yang berlebihan atau gerakan tubuh yang tidak benar saat berolahraga sehingga sendi pun mengalami ketegangan, terkilir dan bahkan mengalami diskolasi.

Sedangkan nyeri sendi dapat terjadi karena adanya peradangan pada area persendian yang biasanya akan disertai dengan pembengkakan dan gejala-gejala lainnya layaknya pergerakan sendi yang terbatas, rasa nyeri saat bergerak hingga rasa hangat atau warna kemerahan pada area persendian. Tidak hanya itu, nyeri sendi juga sering disertai dengan adanya perubahan bentuk pada sendi, munculnya rasa nyeri yang luar biasa serta adanya ketidak normalan pada tulang.

Radang sendi biasanya dapat disebabkan karena adanya masalah seperti cedera sendi, masalah osteoarthritis, komplikasi dari obesitas, hingga gangguan pada autoimun. Hal ini tentunya akan sangat berbeda dengan pegal linu yang cenderung tidak berkaitan dengan persendian.

Dilihat dari fakta diatas, radang sendi biasanya akan menimbulkan gejala yang jauh lebih berat sehingga kita harus selalu berwaspada. Dan jika Anda sering mengalami pegal linu, sebaiknya berhati-hati karena ditakutkan terjadi gangguan kesehatan yang lebih serius seperti adanya gangguan pada hormon, kanker tulang, hingga masalah penyakit sistematik yang sebaiknya segera kita periksakan pada dokter.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat. Terima Kasih

Bagaimana Cara Membedakan Nyeri Sendi dan Pegal Linu? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment