Benarkan Nyeri Sendi Lutut Penyebabnya Asam Urat?

Sebagian masyarakat sering menganggap bahwa nyeri lutut merupakan penyebab dari asam urat. Sehingga setiap kali ada orang yang mengeluhkan nyeri lutut, maka mereka akan mengganggap kondisi itu sepele dan berpikiran bahwa nyeri lutut ini hanya disebabkan oleh asam urat.

Padahal faktanya, ada banyak sekali kondisi yang menyebabkan nyeri lutut. Salah satunya memang asam urat, namun kemungkinan hal tersebut juga bisa di sebabkan oleh kondisi penyakit lainnya seperti reumatik, pengapuran sendi atau osteoarthritis, infeksi pada persendian, hingga gangguan pada otot atau ligament lutut.



Apakah perbedaan nyeri lutut yang disebabkan oleh asam urat dan dipicu karena adanya masalah kesehatan lainnya. Jika penderita nyeri lutut sudah berusia lanjut, maka akan ada kemungkinan hal ini disebabkan oleh masalah pengapuran sendi. Sementara untuk kasus asam urat sendiri biasanya akan dialami oleh siapa saja, termasuk pada mereka yang usianya masih muda namun sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat yang akan mengakibatkan terjadinya menumpukan kadar kristal asam urat di dalam tubuh.

Kasus pengapuran sendi sendiri umumnya lebih sering terjadi pada sendi-sendi berukuran besar yang menyangga bobot tubuh seperti lutut dan pinggul. Sementara itu, asam urat umumnya akan menyerang persendian seperti pergelangan kaki, pergelangan tangan dan sendi pada jari. Nyeri sendi yang dipicu oleh asam urat biasanya akan memicu timbulnya peradangan sehingga disertai dengan pembengkakan, kemerahan dan sensasi hangat.

Setelah mengetahui faktra diatas, Anda sangat disarankan untuk tidak selalu menyimpulkan bahwa nyeri lutut penyebabnya adalah asam urat karena bisa jadi ada kondisi kesehatan lainnya. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Benarkan Nyeri Sendi Lutut Penyebabnya Asam Urat? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment