Pengobatan Nyeri Sendi Lutut

Nyeri sendi lutut merupakan salah satu kondisi yang dapat menyebabkan kita menjadi kesulitan dalam bekerja, bermain dan menjadi hidup. Terdapat banyak sekali pilihan perawatan yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi  nyeri sendi lutut, pengobatan yang dilakukan tentunya harus sesuai dengan tingkat keparahan dan gejala yang sedang Anda alami. Lalu apa sajakah perawatan nyeri sendi lutut yang tepat? Berikut kami sajikan beberapa tips pengobatan yang dapat membantu Anda untuk mengatasi nyeri sendi lutut.

Pengobatan Terbaik Nyeri Sendi Lutut

Kortikosteroid

Kostikosteroid umumnya di kenal sebagai steroid. Namun obat ini bukan jenis steroid yang digunakan atlet untuk mendapatkan massa otot dan meningkatkan kekuatan. Kortikosteroid adalah kimia sintetis yang di maksudakan untuk menyerupai hormon kortison di dalam tubuh. Obat ini dapat mengurangi produksi bahan kimia yang menyebabkan peradangan.

Penggunaan kortikosteroid sendiri dapat diambil secara oral atau disuntikan langsung ke lutut. Dan Anda juga di haruskan untuk menyuntikan kembali kortikosteroid ini setiap beberapa bulan.

Obat Non-Steroid Anti Inflamasi

Non steroid anti inflammatory atau NSAID merupakan obat untuk mengurangi peradangan. Obat ini dapat digunakan pada peradangan yang tergantung pada kondisi kesehatan penggunanya. Misalnya pada orang dengan penyakit ginjal atau hati sebaiknya tidak menggunakan obat ini. Untuk memperolehnya, Anda dapat membeli NSAID yang beredar di pasaran atau dengan resep dokter. Obat ini umumnya sering digunakan untuk pengobatan arthritis.

NSAID akan bekerja dengan cara menghalangi enzim dalam tubuh yang menyebabkan peradangan, khusunya enzim Cox-1 dan Cox-2. Enzim ini memiliki peran penting dalam membuat prostaglandin atau kelompok lipid yang dibuat pada area kerusakan jaringan atau infeksi untuk mengontrol proses peradangan.

Analgesik

Analgesik merupakan obat penghilang rasa sakit dengan menyebabkan mati rasa atau untuk mempengaruhi ketidaksadaran selama operasi. Obat ini dirancang untuk menghilangkan rasa sakit. Kemungkinan akan ada beberapa efek samping yang dapat muncul seperti sakit perut atau mulas. Jika Anda tidak dapat menggunakan NSAID karena suatu alergi atau masalah ginjal dan hati, dokter akan merekomendasikan Anda untuk menggunakan obat ini.

Tips Perawatan di Rumah Untuk Sakit Lutut

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk melakuakn perawatan dirumah guna mengatasi sakit lutut, diantaranya:
  • Cobalah untuk mengistirahatkan lutut Anda dan hindari beban kerja yang berlebih.
  • Terapkan kompres es pada daerah yang sakit untuk mengurangi rasa sakit pada sendi.
  • Kompres, dan bungkus lutut untuk mengurangi pembengkakan.
  • Tinggikan lutut dengan meletakan bantal di bawahnya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pengobatan nyeri sendi lutut yang tepat. Semoga bermanfaat.

Pengobatan Nyeri Sendi Lutut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment