Tips Mencegah Nyeri Sendi Setelah Olahraga

Tips Mencegah Nyeri Sendi Setelah Olahraga - Selamat datang dan selamat bergabung kembali bersama kami penyedia berbagai informasi menarik seputar penyakit nyeri sendi. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai tips mencegah nyeri sendi setelah olahraga. Apakah kamu adalah salah satu orang yang sering mengalami nyeri sendi sehabis melalukan olahraga? Jika ya, informasi berikut tentunya akan sangat membantu Anda dapat mengatasi nyeri sendi tersebut. Berikut kami sajikan informasi lengkapnya untuk Anda.

Tips Mencegah Nyeri Sendi Setelah Melakukan Olahraga


Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan setiap orang, karena berolahraga dapat menyehatkan tubuh. Namun terkadang jika olahraga yang kita lakukan terlalu berat bisa menimbulkan nyeri sendi terutama otot. Rasa nyeri yang muncul ini tentunya akan sangat mengganggu kenyaman Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan nyeri sendi yang muncul setelah olahraga ini bisa menjadi alasan seseorang yang mengalaminya berhenti untuk melakukan olahraga.

Penyebab dari nyeri ini kemungkinan besar berasal karena osteoartritis. Nyeri sendi atau osteoartritis ini biasanya akan lebih sering dialami oleh mereka yang sudah memasuki usia lanjut, karena telah terjadi penipisan tulang pada sendi atau disebabkan karena adanya trauma atau penggunaan sendi berlebihan.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya nyeri sendi setelah olaharga, diantaranya:
  • Melakukan peregangan. Sebelum Anda mulai berolahraga, ada baiknya jika Anda melakukan peregangan terlebih dahulu, peregangan yang dapat Anda lakukan misalnya memutar sendi bahu dan memutar sendi tangan.
  • Mulai dengan olahraga ringan. Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan olahraga berat, sebaiknya Anda melakukan olahraga ringan terlebih dahulu.
  • Minum air putih. Saat berolahraga ada baiknya jika Anda meminum air putih setiap 15 menit sekali untuk mencegah dehidrasi dan memasok energi.
  • Minum kopi, Anda dapat meminum kopi terlebih dahulu sebelum berolahraga guna meningkatkan kekuatan otot dan menurunkan resiko nyeri.
  • Ketika berolahraga, pastikan Anda untuk bergerak secara stabil hal ini bertujuan untuk menghindari otot yang kaget karena gerakan tak terduga.

Namun, apabilah Anda sudah terlanjur mengalami nyeri sendi. Anda dapat mengompres area yang terkena nyeri dengan menggunakan ice pack atau kompres es. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan nyeri secara cepat. Setelah Anda mengompresnya dengan es, kemudian diikti dengan pengompresan menggunakan kompres panas pada daerah yang sama untuk meningkatkan aliran darah ke daerah tersebut.

Apabila nyeri yang Anda rasakan tidak kunjung reda juga, Anda bisa mengkonsumsi obat-obatan anti nyeri seperti paracetamol atau obat-obatan golongan NSAID seperti ibuprofen, namun Anda harus mengkonsumsinya sesuai dengan dosis yang telah ditentukan dan dalam pengawasan dokter.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips mencegah nyeri sendi setelah olahraga. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih :)

Tips Mencegah Nyeri Sendi Setelah Olahraga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment