Tips Mencegah Nyeri Sendi

Selamat datang dan selamat berkunjung kembali di situs web yang akan menyajikan informasi menarik seputar nyeri sendi. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai tips mencegah nyeri sendi. Sendi adalah penghubung antara 2 buah tulang yang mempunyai fungsi unutuk menekuk beberapa bagian tubuh seperti siku dan lutut, menoleh, menggoyangkan pinggul, melengkuk hingga membungkukan badan. Sendi sendiri dilindungi oleh jaringan tulang rawan dan synovium serta pelumas (synovial) sehinga tulang tidak akan saling bergesekan. Tetapi meskipun begitu, seiring bertambahnya usia dan adanya cedera pada sendi dapat menyebabkan terjadinya pengikisan tulang rawan yang perlahan-lahan dapat merusak sendi dan menyebabkan arthritis (peradangan sendi).



Ketika Anda mengalami nyeri sendi, hal pertama yang harus Anda lakuakan yaitu mengkompres area sendi yang terasa sakit dengan es batu yang sebelumnya sudah di bugkus dengan handuk selama 20 menit. Anda juga tidak perlu khawatir karena nyeri sendi yang diakibatkan karena pengikisan sendi dapat dicegah. Berikut kami sampaikan beberapa cara mencegah nyeri sendi.

Tips Mencegah Nyeri Sendi

  • Olahraga

Jika Anda sering mengalami nyeri sendi, lakukanlah olahraga seperti bersepeda dan berenang. Karena selain dapat membantu menurunkan berat badan, olahraga ternyata juga bisa mencegah radang sendi. Para ahli sangat menyarankan agar Anda melakukan olahraga aerobik yang dapat memacu jantung serta fokus pada area punggung, perut dan dada agar persendiaan tetap terjaga dan sehat. Namun yang harus Anda perhatikan yaitu jangan melakukan olahraga yang berlebih karena bisa merusak sendi.

  • Membentuk Otot

Otot yang kuat bisa menopang sendi Anda. Sebaliknya, jika seseorang tidak memiliki massa otot yang cukup maka sendi mereka akan cenderung mengalami benturan. Terutama benturan yang terjadi pada tulang belakang, lutut danpinggul. Oleh sebab itu, Anda sangat disarankan untuk melakukan latihan angkat bebas agar ligamen disekeliling otot tetap kuat.

  • Jaga Berat Badan

Sebisa mungkin Anda harus menjaga berat badan agar tetap berada di posisi ideal. Karena berat badan yang berlebihan dapat menekan sendi sehingga akan menyebabkan sendi membawa berat badan yang berlebih, terutama pada lutut, pinggul dan punggung. Sendi yang terhimpit berat badan perlahan-lahan akan membuat sendi terkikis dan akhirnya dapat menyebabkan Anda terkena nyeri sendi. Oleh sebab itu, Anda harus menghindari kelebihan berat badan agar sendi tetap terjaga.

  • Menjaga Kadar Asam Urat

Tips mencegah nyeri sendi yang selanjutnya yaitu dengan menjaga kadar asam urat. Karena nyeri sendi juga dapat timbul akibat adanya penumpukan asam urat di persendiaan, sehingga sendi akan terasa sangat nyeri dan kaku. Oleh sebab itu, Anda sangat disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung purin.

  • Minum Air Mineral Yang Cukup

Anda sangat disarankan untuk mencukupi asupan air mineral ke dalam tubuh agar sendi dapat tetap berfungsi dengan baik karena asupan cairan yang seimbang. Untuk itu minumlah air putih yang cukup agar Anda dapat terhindar dari penyakit nyeri sendi.

  • Konsumsi Vitamin C Yang Cukup

Asupan vitamin C sangat dibutuhkan oleh penderita radang sendi. Anda dapat memperoleh asupan vitamin C dengan mengkonsumsi buah jeruk, kiwi, nanas, dan nanas. Sedangkan untuk sayuran Anda dapat mengkonsumsi kubis, kembang kol dan brokoli.

  • Postur Tubuh Yang Benar

Tahukan Anda jika membungkuk saat berdiri atau duduk adalah postur tubuh yang tidak baik. Anda harus mengusahakan agar tubuh tetap tegak untuk melindungi sendi-sendi leher, lutut, pinggul dan punggung.

Selain duduk dan berdiri, postur tubuh yang baik juga sangat diperlukan dalam mengangkat dan membawa barang. Misalnya tidak membebankan barang di salah satu sisi tubuh saja dan menekuk lutut saat akan mengangkat benda berat.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips mencegah nyeri sendi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. terima kasih

Tips Mencegah Nyeri Sendi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment