Hindari 8 Jenis Makanan Berikut, Karena Dapat Menyebabkan Nyeri Sendi

Sendi adalah bagian tubuh yang menghubungkan tulang dengan tulang, yang terkadang akan mengalami rasa sakit akibat cedera pada daerah ligamen, bursa, otot tendo, atau tulang pada daerah persendian.

Nyeri sendi dapat menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan dalam bergerak. Rasa nyeri tersebut dapat berlangsung lama atau sebentar tergantung pada tingkat keparahan yang dialami. Berikut adalah beberapa penyebab nyeri sendi:

  • Adanya kerusakan terhadap tulang rawan
  • Patah tulang
  • Terjadi infeksi pada tulang
  • Penyakit asam urat
  • Arthritis, kondisi yang dapat menyebabkan timbulnya nyeri, bengkak, kaku.

Selain beberapa penyebab diatas, ternyata beberapa jenis makanan juga dapat menjadi penyebab munculnya nyeri sendi.

8 Makanan Penyebab Nyeri Sendi

Berikut kami sajikan informasi mengenai 10 makanan yang ternyata dapat memicu terjadinya nyeri sendi.

Makanan Yang Digoreng

Minyak goreng yang biasanya dipakai untuk menggoreng makanan umumnya mempunyai kadar lemak jenuh yang cukup tinggi serta kadar kolestrol jahat yang juga tinggi. Sehingga berdasarkan hasil penelitian mereka menunjukan bahwa makanan yang digoreng dapat menjadi stimulan peradangan yang kuat, hal ini akan menyebabkan memperburuk kondisi seseorang yang terkena nyeri sendi.

Kacang-kacangan

Pada umunya semua jenis kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang hijau, kacang tanah dan toge memiliki kandungan berupa omega 6, dimana jika kita mengkonsumsi omega 6 secara berlebihan akan menyebabkan inflamasi yang dapat memperburuk kondisi nyeri sendi yang dialami.

Kopi

Kopi memiliki kandungan berupa kafein yang mana sangat beresiko mengganggu kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Meminum kopi lebih dari 3 gelas dalam sehari dapat mengakibatkan terjadinya peradangan yang serius pada sendi. Apalagi jika meminum kopi sambil diiringi dengan rokok, maka resiko nyeri sendi akan semakin tinggi.

Seafood

Berikut adalah beberapa jenis makanan seafood yang dapat menyebabkan timbulnya nyeri sendi, seperti cumi-cumi, ikan teri, tiram, kepiting, remis, ikan sarden, udang dan kerang.

Minuman Yang Mengandung Soda

Minuman bersoda umumnya mempunyai kadar gula yang sangat tinggi. Menurut penelitian minuman ini akan melepaskan cytoken yaiu sejenis senyawa kimia yang umumnya akan memperparah peradangan.

Makanan Yang Mengandung Gula

Mengkonsumsi gula dengan jumlah yang berlebihan akan menyebabkan nyeri sendi yang semakin buruk, terutama jika terjadi pada pasien nyeri sendi yang juga menderita diabetes. Oleh sebab itu, penurunan kadar gula terutama dalam bentuk halus sangat disarankan.

Susu dan berbagai olahannya

Susu dan berbagai jenis olahannya sangat tidak disarankan bagi penderita nyeri sendi. Hal ini karena semua makanan yang berasal dari susu dan olahannya dapat menyebabkan keluhan nyeri sendi bertambah. Namun bagi penderita nyeri sendi yang ingin tetap mengkonsumsi susu, sebaiknya memilih susu lain seperti susu kedelai dan almond.

Makanan Yang di Awetkan

Berbagi jenis makanan yang di awetkan umumnya adalah berbagai jenis makanan cepat saji atau makanan instan, seperti sarden, kornet sapi, mie dan berbagai jenis makanan kaleng lainnya. Makanan jenis ini sudah di proses dengan pemanasan dan campuran bahan kimia, sehingga selain dapat menyebabkan nyeri sendi juga dapat membahayakan bagi kesehatan.

Demikianlah informasi mengenai 8 makanan yang dapat menyebabkan nyeri sendi. Terima kasih telah menyimak artikel ini dan semoga bermanfaat bagi Anda yang telah membacanya :)


Hindari 8 Jenis Makanan Berikut, Karena Dapat Menyebabkan Nyeri Sendi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment