Jangan Sepelekan Nyeri Sendi Lutut. Ini Bahayanya!!

Rasa nyeri dan juga rasa ngilu pada area persendian, seperti lutut merupakan suatu kondisi yang sering kali di rasakan oleh sebagian orang. Menurut Dr Hedy Wahyu Ramadhani SpOT seorang spesialis Ortopedi dan Traumatologi Siloam Hospitals asal Balikpapan, ia mengungkapkan jika nyeri lutut ini dapat di sebabkan karena cedera, trauma, adanya suatu penyakit peradangan dan terjadi infeksi.

Salain itu, ia juga menyebutkan jika obesitas atau kegemukan bisa menjadi pemicu nyeri sendi di area lutut. Namun nyeri lutut ini sering terjadi karena adanya pengapuran sendi atau osteoartritis.


Osteoartritis sendiri merupakan salah satu jenis arthritis yang paling umum terjadi. Penyakit ini dapat di tandai oleh rasa sakit dan kaku yang menyerang sendi-sendi, kemudian disusul dengan terjadinya pembengkakan. Penyakit ini sangat sering ditemui pada pasien usia lanjut, hal ini disebabkan karena rusaknya tulang pada persendian seiring bertambahnya usia.

Pada dasarnya dalam masa penuaan, seseorang akan mengalami pengapuran pada sendi yang merupakan suatu proses alami pada tubuh. Namun begitu, kita harus tetap waspada karena pengapuran ini dapat terjadi secara cepat atau lambat dan biasanya orang yang berusia 45 tahun ke atas lebih rentan terkena resiko penyakit ini.

Waspada Nyeri Sendi Lutut

Perlu Anda ketahui, banyak sekali masyarakat yang masih menyepelekan rasa nyeri lutut yang mereka alami. Padahal jika tidak segera diobati akan berbahaya dan berdampak buruk bagi kesehatan. Lutut memiliki fungsi sebagai penyangga dan penahan bobot tubuh. Selain dapat menganggu aktivitas sehari-hari, pengobatannya pun akan menjadi sangat sulit jika dibiarkan dalam waktu yang lama.

Jika Anda merasakan nyeri dan linu di lutut ketika ingin mengubah posisi tubuh, maka Anda sedang mengalami gejala awal osteoartritis. Biasanya keluhan ini terjadi saat berdiri setelah duduk lama, saat meluruskan lutut dan naik turun tangga. Rasa nyeri biasanya akan berkurang saat beristirahat atau ketika di beri obat anti nyeri.

Dan sebaiknya, jika Anda telah mengalami gejala-gejala seperti diatas. Segera lakukan pemeriksaan pada dokter agar segera ditangani dan di beri obat. Karena jika tidak segera dilakukan penanganan dapat menyebabkan datangnya penyakit yang serius.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai bahaya ketika menyepelekan nyeri sendi lutut. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Jangan Sepelekan Nyeri Sendi Lutut. Ini Bahayanya!! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment