Ternyata 7 Penyakit Ini Bisa Memicu Gejala Nyeri Sendi


Selamat datang dan selamat berkunjung kembali di situs web yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar nyeri sendi. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai beberapa penyakit yang dapat memicu munculnya gejala nyeri sendi. Nyeri sendi merupakan penyakit umum yang sering di alami oleh jutaan orang di dunia. Jika Anda salah satu dari mereka, ada baiknya jika Anda segera mengetahui penyebab dari munculnya nyeri sendi. Agar masalah nyeri sendi bisa segera diatasi dengan terapi yang tepat.


7 Penyakit Yang Dapat Menjadi Memicu Nyeri Sendi

Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami nyeri sendi mulai dari cedera, patah tulang dan bahkan beberapa jenis penyakit pun dapat menjadi pemicu seseorang mengalami nyeri sendi. Berikut adalah beberapa kondisi penyakit yang kemungkinan dapat menjadi penyebab nyeri sendi.

Osteoartritis

Osteoartritis merupakan salah satu jenis arthritis yang paling umum terjadi. Penyakit ini umumnya ditandai dengan rasa sakit dan kaku pada area persendian, yang kemudian di susul dengan terjadinya pembengkakan. Pada umumnya osteoartritis banyak ditemui pada pasien yang lanjut usia.

Lupus

Pada umumnya hampir 90% orang yang menderita penyakit autoimun lupus sering mengalami gejala sakit pada area persendiaan. Hal ini dibuktikan dengan pernyataan dari sebagian pasien lupus yang mengatakan bahwa sakit persendiaan adalah gejala pertama penyakitnya. Selain nyeri, persendiaan juga akan mengalami pembengkakan dan akan terasa kaku serta hangat ketika disentuh.

Artritis Reumatoid

Penyakit ini biasanya akan menyarang bagian persendiaan kecil di tangan dan juga pergelangan tangan. Sebagian penderitanya juga akan memiliki tonjolan di bawah kulit yang biasa disebut dengan nodul reumatoid. Orang yang menderita artritis reumatoid umumnya akan mengalami nyeri sendi pada pagi hari atau setelah beristirahat.

Fibromyalgia

Penyakit fibromyalgia banyak di derita oleh masyarakat di Amerika. Gejala dari penyakit ini antara lain nyeri otot, kelelahan serta munculnya penyakit pada persendiaan lainnya. Fibromyalgia biasanya dialami oleh wanita yang berusia diatas 40 tahun dan mengalami kegemukan.

Diabetes Melitus

Biasanya pasien diabetes tipe 1 akan mengalami komplikasi hingga dapat menyebabkan nyeri sendi. Keadaan ini terjadi karena gula darah yang terus menerus berada dalam keadaan yang tidak terkendali sehingga dapat merusak syaraf.

Kanker

Salah satu penyakit mematikan ini juga dapat menjadi pemicu nyeri sendi. Hal ini karena sel ganas akibat kanker mudah tersangkut di daerah tempurung lutut yang terhimpit oleh tulang rawan dan jaringan ikat.

Obesitas (Kegemukan)

Obesitas atau kelebihan berat badan juga dapat menjadi pemicu seseorang mengalami nyeri sendi. Hal ini karena orang yang memiliki berat badan berlebih akan secara otomatis akan membuat tekanan di area lutut meninggi. Keadaan inilah yang menyebabkan timbulnya penyempitan pembuluh darah sehingga resiko tersangkutnya partikel asam urat di dalam pembuluh darah juga akan semakin tinggi.

Demikianlah informasi mengenai beberapa penyakit yang ternyata bisa menyebabkan nyeri sendi. Semoga informasi yang telah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi  Anda. Terima kasih :)

Ternyata 7 Penyakit Ini Bisa Memicu Gejala Nyeri Sendi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment